New Toyota Innova Venturer Produksi Lokal Kualitas Global Share this
Berita Mobil
Mode baca

New Toyota Innova Venturer Produksi Lokal Kualitas Global

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 16 Januari 2017

Foto: New Toyota Innova Venturer

JAKARTA - Toyota Innova Venturer tidak hanya didesain untuk pasar otomotif dalam negeri. Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan Toyota ini juga untuk memenuhi pasar otomotif sejumlah negara.

Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, MPV ini akan diekspor ke negara-negara potensial, tahap awal akan memenuhi pasar otomotif ASEAN. Wajar dalam memproduksi mobil ini aspek keamanan dan kenyamanan sangat diperhitungkan oleh Toyota Indonesia.

Toyota Indonesia dijelaskan Warih harus menambah investasi sebesar Rp 95 miliar untuk molding baru dan tidak termasuk mengubah jig hingga renovasi jalur produksi. Masih seperti Toyota Innova sebelumnya, Innova Venturer telah memenuhi lokal konten sebesar 85 persen.

Di waktu bersamaan, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor menjelaskan spesifikasi dan keunggulan Toyota Innova Venturer telah memenuhi standar global. 15 item baru pada Toyota Innova Venturer diakui Toyota telah melalui riset mendalam guna memenuhi keinginan konsumen.

"Kalau bisa, punya produk lokal tapi kualitasnya global. Makanya ada ekspor supaya konsumen di negara lain bisa merasakan keunggulan produk kami. Seberapa jauh pengaruh perubahan yang ada sudah kami perhitungkan. Tapi jika hasilnya (improvement) terlalu jauh dengan ketentuan kami, maka kami tidak lakukan," kata Soerjo dalam acara peluncuran Toyota Innova Venturer di Jakarta, Kamis (16/1/2017).

Di posisikan sebagai varian tertinggi, pada interior dilapisi jok kulit berwarna hitam untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Untuk fitur keselamatan, Toyota menyematkan dual SRS Airbag, Knee Airbag, Side Airbag dan Surtain Shield Airbags. Sementara untuk fitur keselamatan aktif, telah hadir pula Hill Assist Control, ABS & EBD serta Vehicle Stability Control.

Henry Tanoto selaku Vice President Director PT Toyota Astra Motor memaparkan bahwa new Toyota Innova Venturer khusus konsumen yang menginginkan kendaraan serbaguna dan tangguh di medan agak berat.

"Desain ini diwujudkan sesuai dengan keinginan konsumen kami yang kami survei. Mereka adalah pelanggan di segmen MPV yang membutuhkan kendaraan  multi fungsi, tangguh dan prestisius, lengkap dengan tampilan lebih berani,” kata Henry.

Toyota Innova Venturer ditawarkan dengan pilihan mesin bensin Dual VVT-i 2.0-liter (transmisi manual dan otomatis) dan mesin diesel kapasitas 2.4-liter (transmisi manual dan otomatis. New Toyota Innova Venturer diesel menggantikan Innova Q diesel yang diluncurkan pada 2015. Total ada 14 tipe Toyota Innova dijual di Tanah Air. [Ikh]


Komentar