Tips Aman Membawa Barang di Motor Share this
Tips
Mode baca

Tips Aman Membawa Barang di Motor

Syubhan Akib
pada 01 April 2016

JAKARTA - Tak terasa motor kini telah menjadi alat transportasi yang paling ekonomis dan efisien bagi masyarakat Indonesia. Motor menjadi moda transportasi paling favorit karena dianggap efektif dan efisien secara waktu maupun biaya.

Tetapi, pada saat membawa barang kita perlu memperhatikan faktor-faktor keselamatan berkendara. Penempatan barang, jumlah barang dan volume barang akan mempengaruhi keseimbangan berkendara dan tentunya akan berimbas kepada keselamatan berkendara.

Menurut Instruktur Safety Riding dari Capella Dinamik Nusantara (Main Dealer Honda – Riau Daratan) Jon Roni seperti dilansir situs welovehonda, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan ketika kita mengangkut barang dengan menggunakan sepeda motor yaitu:

  1. Pastikan barang muatan terikat kuat pada sepedamotor untuk memastikan barang bawaan tidak mengganggu keseimbangan sepedamotor ketika di jalan.
  2. Barang muatan tidak boleh melebihi lebar stang kemudi sepedamotor, sehingga pengendara tetap bisa melihat lalulintas di belakang menggunakan spion dan pengendara bisa menjadikan stang kemudi sebagai tolak ukur jarak barang dengan pengendara lain di sisi sepedamotor.
  3. Tinggi barang tidak boleh melebihi punggung pengendara, hal ini bertujuan agar aerodinamika sepedamotor tidak terganggu dan sepedamotor dapat bergerak dengan stabil.
  4. Disarankan berat muatan tidak melebihi beban maksimal yang diperbolehkan (baca Buku Pedoman Pemilik). Beban yang terlalu berat akan menggangu keseimbangan sepedamotor baik saat menikung maupun menanjak, ini dikarenakan penempatan barang bisaanya diikat atau dibuatkan wadah yang bisa menggangu keseimbangan.
  5. Jangan bawa barang di depan pengemudi, karena dapat mengganggu pandangan, menyulitkan kontrol kemudi maupun penggunaan rem.
  6. Pastikan lampu sein dan lampu rem belakang tidak tertutup oleh barang bawaan, bila lampu sein dan rem tertutup maka kendaraan di belakang tidak bisa mendapatkan informasi terkait dengan perubahan arah sepedamotor.

Demikian beberapa tips sederhana cara aman membawa barang muatan dengan sepedamotor. [Syu/Idr]


Komentar