Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Pasti Diproduksi Lokal Share this
Berita Mobil
Mode baca

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Pasti Diproduksi Lokal

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 07 Februari 2017

Foto: Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Produksi Lokal

BOGOR - Suzuki Ertiga Diesel Hybrid meluncur dengan harga 219,5 juta (on-the-road Jakarta). Dijual dengan harga yang diklaim kompetitif, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yakin bisa menjual 600 unit per bulan.

Demikian disampaikan Donny Saputra, Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada jurnalis di sela-sela media drive Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Jakarta-Bogor-Jakarta (7-8/2/2017).

"Untuk Suzuki Ertiga saja saat ini terjual 3.000 unit per bulan, dengan adanya Suzuki Ertiga Diesel Hybrid maka 3.600 unit per bulan," jelas Donny di Bogor.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menawarkan banyak kelebihan. Selain bertenaga, LMPV mesinn diesel ini juga menawarkan efisiensi BBM sangat baik di kelasnya. Klaim SIS, dalam uji coba BT2MP-BPPT, kendaraan tujuh-penumpang ini bisa bergerak sejauh 22,6 km per liter.

Melihat besarnya potensi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di dalam negeri, SIS mengejar untuk bisa memproduksi lokal di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi. Namun belum bisa dipastikan dimulai.

Untuk sementara, SIS mendatangkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dari India, seperti halnya Suzuki Ertiga pertama kali diluncurkan di Tanah Air.

"Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pasti diproduksi lokal. Tidak perlu nambah line produksi di pabrik, di mana proses produksinya cukup mudah," tegas Donny.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid baru tersedia transmisi manual 5-speed. Sambil melihat kondisi pasar, SIS berencana untuk membawa tipe transmisi otomatis. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi mesin diesel common rail berkapasitas 1.3-liter dengan tenaga 88 Hp pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 200 Nm yang hadir di 1.750 rpm.

Kebanggaan SIS ini dilengkapi teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Variabel utama dari SHVS adalah ditanamnya Integrated Starter Generator (ISG). Perangkat ini yang seterusnya membuat New Ertiga Diesel memiliki fitur engine start stop dan dapat diaktifkan atau tidak seusai kebutuhan oleh pengemudi melalui tombol di dalam kabin. [Ikh]


Komentar