Masuk Indonesia, Suzuki Ertiga Diesel Haram Minum Solar Murah Share this
Berita Mobil
Mode baca

Masuk Indonesia, Suzuki Ertiga Diesel Haram Minum Solar Murah

Krisna Arie
pada 14 Desember 2016

Foto: Suzuki Ertiga diesel akan masuk Indonesia

SENTUL - PT Suzuki Indomobil Indonesia (SIS) dipastikan akan meluncurkan mobil dengan mesin diesel pertama di Indonesia. Model pertama dibekali mesin diesel commonrail itu adalah Suzuki Ertiga dengan mesin kapasitas 1.3-liter didukung oleh SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Variabel utama dari SHVS adalah ditanamnya Integrated Starter Generator (ISG). Perangkat ini yang seterusnya membuat new Suzuki Ertiga Diesel memiliki fitur engine start/stop.

Fungsi utama ISG adalah menggantikan sistem motor starter konvensional berikut generator dan flywheel. ISG akan secara otomatis menghentikan kerja pada ruang bakar saat kendaraan idle atau statis dalam jangka waktu tertentu. Dan selanjutnya dapat menghidupkan mesin sepersekian detik saat pedal gas diinjak.

"Dengan sistem ini, efisiensi BBM akan meningkat hingga 50 persen. Asumsinya, jika rata-rata konsumsi bbm dengan sistem konvensional 14 km per liter, maka dengan ISG konsumsinya mencapai lebih dari 20 km per liter. Namun capaian itu tetap bergantung pada cara mengemudi," jelas Harold Donnel, 4W Head of Product Development.

Satu catatan, dengan ISG, Suzuki Ertiga Diesel SHVS membutuhkan accu sebesar khusus 12V 70 ampere. Harga accu ini kemungkinan bisa 50 persen lebih mahal dari model biasa.

"Kami sedang melakukan riset untuk penggunaan accu agar bisa juga menggunakan model yang ada di pasae. Dan dengan teknologi commonrail, kami merekomendasikan solar Cetane number 51 atau setara Pertadex," jelas Harold.

Harold menambahkan Suzuki Ertiga Diesel SHVS akan menjadi pioner di kelas low MPV. Dan rencananya hanya akan ditawarkan dengan transmisi manual.

"Keputusan menggunakan mesin diesel dan transmisi manual adalah hasil dari survei yang kami lakukan," ujar Harold.

Otospirit sempat memberitakan bahwa tidak ada perbedaan eksterior antara Suzuki Ertiga Diesel SHVS dan varian Ertiga lain yang telah beredar di dalam negeri. [Ari/Ikh]


Komentar