Dirilis, Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Menarik Share this
Mobil Baru
Mode baca

Dirilis, Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Menarik

Indra Prabowo
pada 07 Februari 2017

Foto: Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

JAKARTA -- Setelah Chevrolet Spin Diesel meninggalkan gelanggang Compact MPV Diesel, kini Suzuki Ertiga Diesel Hybrid hadir. Inilah model pertama PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan mesin diesel  di Indonesia.

Teknologi mesin yang diusung oleh Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menjadi fokus pembicaraan kita kali ini karena praktis tidak ada perbedaan berarti dari sisi eksterior dan interior jika dibandingkan Ertiga bensin.

Perbedaan hanya Anda temui di emblem DdiS (Diesel Common Rail Direct) yang berada di samping. Berikutnya di sektor buritan terdapat logo Hybrid Zdi.

Sedangkan di dalam kabin, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi dengan AC dengan pemanas, Gear Shift Indicator (GSI) di MID (multi information display) yang berguna untuk mengontrol putaran mesin saat berkendara, serta day night mirror.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid mengantongi mesin diesel common rail 1.3 liter dengan lontaran tenaga 88 Hp pada 4.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm di 1.750 rpm. Suzuki mengawinkannya dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Suzuki Ertiga Diesel hybrid hanya hadir dengan transmisi manual 5-percepatan.

Variable utama dari SHVS adalah ditanamnya Integrated Starter Generator (ISG). Perangkat ini yang seterusnya membuat New Ertiga Diesel memiliki fitur start/stop engine. Fitur start/stop engine ini sendiri dapat diaktifkan atau tidak seusai kebutuhan oleh pengemudi melalui tombol yang ada di kabin

Fungsi utama ISG adalah menggantikan sistem motor starter konvensional berikut generator dan flywheel. ISG akan secara otomatis menghentikan kerja pada ruang bakar saat kendaraan idle atau statis dalam jangka waktu tertentu. Dan selanjutnya dapat menghidupkan mesin sepersekian detik saat pedal kopling diinjak.

Suzuki mengklaim bahwa dengan sistem ini, tingkat efisiensi BBM (bahan bakar minyak) akan meningkat hingga 50 persen. Asumsinya, jika rata-rata konsumsi BBM mesin konvensional 14 km per liter, maka dengan ISG konsumsinya mencapai lebih dari 20 km per liter. Namun capaian itu tetap bergantung pada cara mengemudi.

Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Rp 219.5 juta (on-the-road Jakarta).

Saat ini Mobil123 dan Otospirit sedang melakukan first drive Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. So nantikan ulasan kami [Ikh]


Komentar