Spesifikasi Lengkap SYM Maxsym 600i ABS Share this
Motor Baru
Mode baca

Spesifikasi Lengkap SYM Maxsym 600i ABS

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 12 Juni 2016

Foto: Skuter terbaru dari SYM

JAKARTA – SYM Maxsym 600i ABS diluncurkan mewarisi tampilan mewah nan gaya. Fitur istimewa menjadi andalan kendaraan asal Taiwan yang dijual Rp 141,8 juta tersebut.

Produk terbaru PT Sanyang Industri Indonesia (SII) ini tidak hanya bertubuh gambot. Namun kendaraan in juga dibekali kapasitas mesin cukup besar. Bahkan SYM Maxsym 600i ABS diyakini sebagai skutik berkubikasi terbesar (600 cc) di Indonesia.

Kudabesi ini memiliki panjang 2270 mm dan tinggi 1410 mm dan wheelbase 1560 mm hingga motor ini terlihat sangat besar untuk ukuran skuter matik. Bobot SYM Maxsym 600i ABS sendiri mencapai 565 kg.

Meskipun bertubuh besar, SII menyatakan bahwa produk barunya sangat stabil dan mudah dikendarai. SYM Maxsym 600i dilengkapi sejumlah fitur yang membuatnya semakin aman dan nyaman digunakan.

Tampilan depan SYM Maxsym 600i ABS terlihat futuristik. Hal ini berkat penggunaan LED eyebrow light pada headlamp.

Windshield besar pada motor ini juga menambah kesan stylish. Setiap lekuk bodi kudabesi ini menyiratkan otot kekar. Penggunaan ban lebar 120/70 R15 56S (depan) dan 160/60 R15 (belakang) meningkatkan kesan gagah.

Dual seat yang masing-masing dilengkapi sandaran, membuat SYM Maxsym 600i ABS nyaman dikendarai jarak jauh bagi penumpang dan pengendara.

Melirik pada panel indikator, kombinasi analog dan digital memberi warna tersendiri. Menariknya, pada bagian ini terdapat sensor parkir layaknya sebuah mobil. Fitur-fitur pada alat kemudi SYM Maxsym 600i ABS juga terlihat berkelas. Beralih ke tengah, tangki bahan bakar motor ini mencapai 15 liter.

Hal ini memudahkan penggunanya yang memiliki hobi touring jarak jauh. Ditambah konsumsi bahan bakar dapat menempuh 40 - 45 km/1 liter (klaim).

Di balik jok berbalut bahan kulit nan lembut, tersedia ruang bagasi yang luas dan dapat memuat 2 buah helm half face. Hal ini lagi-lagi menjadi sebuah kemampuan yang menarik dari skuter matik asal Taiwan tersebut.

Jantung mekanis SYM Maxsym 600i ABS masih mengandalkan satu buah piston. Peranti ini cukup besar mengingat kendaraan ini mengusung kubikasi 600cc.

Sistem pasokan bahan bakar juga masih menggunakan Single Over Head Cam (SOHC). Dengan empat buah katup valve, motor ini diyakini dapat dipacu hingga 160 kpj.

Pihak SII menyatakan bahwa produk terbarunya tersebut memiliki kemampuan maksimal 41,2 hp pada 6500 rpm. Sedangkan torsi maksimum motor ini mencapai 43,2 nm pada 5500 rpm.

Teknologi electronic fuel-injection system memiliki 12 sensor yang cukup sensitif. Peranti tersebut cukup riskan jika motor ini menerima pasokan bakar di bawah ron 92.

Berbicara mengenai faktor keselamatan, motor ini dilengkapi dua buah rem cakram berdiameter 275 mm.

Ditambah lagi fitur Anti Brake Lock System (ABS) yang meningkatkan faktor keselamatan. Pada bagian belakang juga dilengkapi fitur sebuah rem cakram berdiameter 275 mm.

Kombinasi suspensi teleskopik pada bagian depan dan swing arm pada bagian belakang, dianggap mampu menopang bobot motor yang mencapai 234 kg. Terlebih saat bermanuver, peranti peredam kejut tersebut dinyatakan cukup mumpuni.

Melengkapi fitur keselamatan, SYM Maxsym 600i ABS dilengkapi side stand switch. Meskipun memiliki kapasitas mesin cukup besar, motor ini diklaim tidak berisik layaknya moge. SII menyebut skutik matik ini hanya mengeluarkan suara di bawah 80 desibel.

SYM Maxsym 600i ABS tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Black, Grey dan White. Konsumen harus merogoh kocek Rp 141,8 juta untuk menebus motor yang harus inden selama satu bulan tersebut. Berani mencobanya? [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Spesifikasi Lengkap SYM Maxsym 600i ABS


Komentar