Puluhan Lamborghini Tua Memadati Bologna Share this
Berita Mobil
Mode baca

Puluhan Lamborghini Tua Memadati Bologna

Ary Dwinoviansyah
pada 16 September 2018

BOLOGNA - Sebanyak 20 unit Lamborghini Espada dan Islero memadati kota Bologna, Italia dalam rangka memeriahkan 50 tahun keberadaannya di jalanan.

Lamborghini Espada dan Islero memang tak lagi muda sejak pertama kali diluncurkan pada 1968. Meski begitu, kedua mobil bergaya grand touring coupe tersebut nyatanya masih eksis.

Pemandangan tersebut dapat dilihat saat Lamborghini Polo Storico mengundang para pemiliknya hadir di acara kelahiran Espada dan Islero. Tidak seperti yang dibayangkan, 20 unit yang mampu dikumpulkan ini bahkan sangat terawat dan klimis.

Selain meramaikan acara, para pemilik mobil juga diajak touring mengelilingi beberapa kota. Mulai dari wilayah Umbria, Tuscan dan Emilia-Romagna. Barisan mobil berwarna-warni ini juga melakoni rute perbukitan sembari melalui lokasi seperti Perugia, Orvieto dan Assisi sebagai bagian dari sejarah kedua mobil tersebut. Total jarak tempuh perjalanan mereka mencapai 800 km.

Stefano Domenicali, Chairman and Chief Executive Officer Lamborghini mengatakan ini dilakukan agar pemilik Espada dan Islero juga mengetahui sejarah tentang mobil mereka. Setelah menyelesaikan touring di markas Lamborghini Polo Storico, pihak pabrikan juga memberikan beberapa penghargaan kepada partisipan.

Pertama diberikan kepada peserta asal Norwegia. Sang pemilik bersama Lamborghini Espada Seri 2 dinobatkan menjadi peserta terjauh karena berhasil menempuh perjalanan dari Oslo ke Italia dengan jarak tempuh 6.000 km.

Selanjutnya ada Lamborghini Islero S keluaran 1968. Mobil ini mendapatkan trofi sebagai The Faithful. Keunikan mobil setir kanan milik seorang kolektor dari Inggris ini adalah hanya tersedia sebanyak 70 unit saja.

Namun, penghargaan sesungguhnya adalah ketika sang pemilik secara rutin mengemudi dari Inggris ke Bologna untuk melakukan service tahunan. Bahkan hingga mobil lansiran 1969 tersebut dilungsurkan kepada anaknya.

Tidak hanya para pemilik, acara yang berlangsung pekan lalu itu juga turut dihadiri Lamborghini Espada seri 3 (1976) dan Islero (1968) koleksi museum Lamborghini.

Sedikit cerita mengenai penyelenggara, Lamborghini Polo Storico merupakan divisi spesialis restorasi mobil Lamborghini keluaran di atas 10 tahun. Unit ini juga bertugas melestarikan arsip dan catatan serta mengelola pasokan suku cadang asli untuk mobil-mobil klasik Lamborghini. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Puluhan Lamborghini Tua Memadati Bologna


Komentar