Bye, Bye VW Beetle Share this
Berita Mobil
Mode baca

Bye, Bye VW Beetle

Indra Prabowo
pada 11 Juli 2019

Puebla – Selamat tinggal VW Beetle. Itulah kalimat yang menandakan berakhirnya produksi mobil legendaris tersebut di pabrik Volkswagen de Mexico di Puebla, sejak kemarin (10/7).

Sebuah VW Beetle berwarna Denim Blue yang menjadi unit terakhir diproduksi akan dipajang di museum VW di Puebla sebagai penghormatan terakhir mobil yang kaya dan punya sejarah panjang.

"Mustahil membayangkan Volkswagen akan berada tanpa Beetle," kata Scott Keogh, Presiden dan CEO, Volkswagen Group of America. “Dari impor pertama pada tahun 1949 ke desain yang terinspirasi retro hari ini, telah memamerkan kemampuan perusahaan kami untuk memasukkan pasak bundar ke dalam lubang persegi industri otomotif. Sementara waktunya telah tiba, peran yang telah dimainkannya dalam evolusi merek kami akan selamanya dihargai."

VW pertama kali mengenalkan Beetle ke Amerika Serikat dengan nama Type 1. Penjualan VW  Beetle di AS sendiri hampir mencapai 5 juta unit. Sementara penjualannya di dunia sekitar 21,5 juta unit.

Pada 1998, VW mengenalkan desain modern-retro pada generasi kedua VW Beetle. Penjualan generasi kedua dari 1998-2010 lebih dari 1,2 juta unit. Pada 2011 generasi ketiga (terakhir) Beetle diluncurkan dan masuk ke AS pada 2012 dengan penjualan hampir 500.000 unit.

Setelah VW de Mexico menghentikan produksi Beetle, akan focus ke SUV compact di bawah Tiguan. [Idr]


Komentar