Porsche dan Mercedes Resmi Gabung Formula E Musim Depan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Porsche dan Mercedes Resmi Gabung Formula E Musim Depan

Denny Basudewa
pada 12 April 2018

Foto: FIA Formula E 2019

LEICESTER – FIA Formula E secara resmi kedatangan dua tim pabrikan baru asal Jerman, yakni Mercedes dan Porsche pada musim depan.

Kedua manufaktur kendaraan tersebut sebenarnya sudah menyatakan ketertarikannya, pada kejuaraan Formula E sejak Juli silam. Bahkan dikabarkan keduanya mengorbankan salah satu peran di kejuaraan balap lain.

Porsche meninggalkan program pengembangan mobil prototipe Le Mans. Sementara Mercedes diketahui menghentikan kegiatan mereka di DTM, untuk mengembangkan mobil balap bertenaga listrik, demi tampil maksimal di Formula E musim depan.

“Jika Anda mengatakan kepada saya bisa fokus pada dua kejuaraan sekaligus, maka saya katakan Anda gila,” ujar Alejandro Agag selaku Chief Series Formula E.

Masuknya Mercedes dan Porsche pada musim depan, maka keduanya akan bertemu dengan rival sejati mereka yakni Audi dan BMW. Selain itu di Formula E juga terdapat tim asal Inggris yang populer yaitu Jaguar.

Beberapa manufaktur tersebut akan beradu keahlian dalam merancang motor listrik, inverter, pengereman dan beberapa komponen lainnya. Mereka dituntut untuk bisa tampil kompetitif, agar bisa memenangkan persaingan di kejuaraan.

“Formula E menawarkan format baru dari sebuah kendaraan. Dimana mengkombinasikan sebuah kegiatan balap, dengan karakter acara yang santa kuat. Hal ini tentunya selaras dengan apa yang ingin kami tuju,” ungkap Toto Wolff, Mercedes Racing Chief.

Sementara di lain pihak, Porsche mengatakan bahwa pihaknya mampu bersaing dengan tim pabrikan lainnya. Tidak lupa juga memuji penyelenggara Formula E, karena telah mampu memberikan tontonan yang menarik.

“Selama beberapa tahun terakhir, FIA dan Alejandro Agag telah melakukan hal yang luar biasa. Berdasarkan hasil pengembangan, kami yakin bisa berkompetisi di lintasan dengan manufaktur mobil bersar dari seluruh dunia," kata Fritz Enzinger tim Porsche. [Dew/Ari]


Komentar