Teruji di Balapan Supercar, Pertamax Turbo Dijual Pekan Ini Share this
Balap Lain
Mode baca

Teruji di Balapan Supercar, Pertamax Turbo Dijual Pekan Ini

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 08 Agustus 2016

Foto: Pertamax Turbo digunakan oleh supercar Lamborghini Huracán LP 620-2 Super Trofeo

Jakarta – Para pemilik mobil premium, sports car dan supercar dalam waktu dekat bisa membeli Pertamax Turbo.

Kabarnya, BBM (bahan bakar minyak) ini akan tersedia di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) pada pekan ini.

“Pertamax Turbo merupakan BBM untuk mobil bermesin bensin.  Ini merupakan hasil pengembangan dari Pertamax Plus. Pertamax Turbo memiliki Research Octane Number (RON) minimal 98 serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF),”jelas Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero).

Sebelum dipasarkan di Indonesia, Pertamina telah mengujinya di salah satu kejuaraan balap bergengsi Lamborghini Blancpain Super Trofeo Europe 2016.

Menurut Pertamina, ujicoba perdana dilakukan di pengujian pra-musim di sirkuit Piero Taruffi, Vallelunga, Italia. Dan hingga kini Pertamax Turbo telah dipakai di 4 seri Monza, Silverstone, Paul Richard, dan Spa-Francorchamps – lokasi peluncuran Pertamax Turbo pada 29 Juli 2016.

Hadirnya Pertamax Turbo didasari perkembangan teknologi mobil yang semakin canggih seperti penggunaan turbo dan supercharger dengan kompresi kian tinggi, di mana membutuhkan bensin dengan oktan lebih tinggi dari Pertamax Plus (RON 95). Pertamina mengklaim Pertamax Turbo cocok digunakan oleh mobil-mobil dengan perbandingan kompresi lebih dari 12.

Lamborghini Blancpain Super Trofeo sendiri merupakan one-make racing championship (kejuaraan balap satu-brand) untuk mobil-mobil yang diproduksi oleh Lamborghini di Sant’Agata Bolognese. Kejuaraan ini digelar di 3 kawasan Amerika Utara, Eropa dan Asia, dengan satu World Final.

Tahun ini menjadi tahun kedelapan Lamborghini Blancpain Super Trofeo Europe. Dan mulai tahun ini Lamborghini Blancpain Super Trofeo akan mengadu Lamborghini Huracán LP 620-2 Super Trofeo RWD (rear wheel-drive). [Amo]


Komentar