Persiapan Libur Natal dan Tahun Baru Share this
Tips
Mode baca

Persiapan Libur Natal dan Tahun Baru

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 22 Desember 2016

Foto: Tips Persiapan Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA - Libur Natal dan Tahun Baru telah tiba. Tentunya masyarakat sibuk mempersiapkan libur panjang akhir tahun yang sudah ditunggu-tunggu ini. Bagi Anda yang bepergian menggunakan mobil harus persiapan ekstra, selain stamina tubuh dan kondisi mobil yang harus prima.

Namun, menjalani liburan bersama keluarga tak hanya harus siap dari segi kendaraan, perlu banyak persiapan matang mulai uang, obat-obatan dan lainnya. Kami ingin memberikan beberapa tips agar liburan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga berjalan lancar. Sebaiknya simak tujuh langkah tersebut:

1. Mobil yang prima

Sebelum berangkat ke tempat tujuan, sebaiknya service mobil terlebih dahulu. Setelah itu usahakan membawa tool kit dalam satu tempat. Dan jika barang bawaan sudah tidak muat di dalam bagasi mobil, usahakan pakai roof rack saja. Jika Anda pengguna mobil sedan, bawa barang secukupnya dan tak perlu menggunakan benda tersebut. Cukup simpan barang bawaan dalam bagasi.

2. Uang tunai

Liburan bersama keluarga di akhir tahun adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan merupakan momen paling dinanti. Sebaiknya bawa uang tunai secukupnya sebagai simpanan. Gunakan kartu ATM sebagai alat pembayaran jika Anda tidak ingin membawa uang dengan jumlah banyak.

Dan bawalah satu tas kecil digunakan untuk menyimpan uang dan kartu ATM jika Anda enggan membawa dompet.

3. Peta Perjalanan atau GPS

Liburan panjang identik dengan jalan-jalan ke berbagai lokasi. Untuk itu sudah menjadi kewajiban membawa peta perjalanan selama menjalani liburan bersama keluarga.

Jika ingin lebih simple gunakan Global Positioning System (GPS) sebagai penunjuk arah jalan. Selain itu siapkan charger mobil atau charger portable selama dalam perjalanan.

4. Obat-obatan

Salah jika tidak membawa obat-obatan saat liburan akhir tahun. Obat-obatan sangat bermanfaat terlebih bagi penumpang yang tidak terbiasa bepergian jauh. Dan jangan lupa bawa kantung plastik jika muntah.

5. Playlist

Menghadapi perjalanan panjang agaknya akan menimbulkan rasa bosan berada dalam mobil. Terlebih kita terjebak dalam kemacetan dan kondisi itu membuat kita kesal. Untuk itu sediakan musik-musik kegemeran Anda sekiranya bisa 'membunuh' waktu dalam perjalanan.

6. Jaket

Sediakan baju atau jaket hangat sekiranya Anda mengunjungi lokasi wisata yang memiliki suhu dingin. Apalagi bagi Anda yang punya balita.

7. Camilan

Orang tua wajib menyediakan makanan kecil. Untuk diingat belikan makanan kecil dan minuman yang sehat. Di samping itu wajib membawa tisu basah atau kering dan kotak sampah di dalam mobil. [Ikh]


Komentar