All-new Kijang Innova Diesel Aman Minum Solar Biasa Share this
Tips
Mode baca

All-new Kijang Innova Diesel Aman Minum Solar Biasa

Muhammad Ikhsan
pada 03 Desember 2015

BEDUGUL - Sejumlah konsumen all-new Toyota Kijang Innova mempertanyakan apakah mobil bisa meminum solar biasa atau harus biosolar? Dalam hal ini Toyota menjawab keraguan konsumen.

"Untuk all-new Kijang Innova diesel bisa 'minum' solar biasa. mobil ini tak masalah mengkonsumsi solar biasa, meski performa maksimal tak bisa didapat. Makanya untuk mendapatkan tenaga lebih, kami menganjurkan menggunakan biosolar," kata Iwan Abdurahman, Technical Service Division, Workshop Department, General Repair Section PT Toyota Astra Motor di Bedugul, Bali, Kamis (3/12/2015).

All-new Kijang Innova mengandalkan mesin diesel 2.4-liter menyemburkan tenaga 149 hp dan torsi 360 Nm. Mesin tersebut dirancang untuk negara berkembang dengan kualitas solar kurang baik, termasuk Indonesia.

Kendati demikian, Iwan menyarankan lebih baik jika menggunakan bahan bakar solar dengan Cetane 48.

Meski tidak masalah all-new Kijang Innova meminum solar biasa, namun penggantian filter bahan bakar jadi lebih cepat. Umumnya, dengan minum biosolar, filter bahan bakar bisa bertahan hingga 100.000 km jarak tempuh. Iwan menegaskan langkah tersebut agar mobil tetap prima dalam berbagai kondisi. [Ikh/Idr]


Komentar