Pahami Kode-kode Ban untuk Keselamatan Share this
Tips
Mode baca

Pahami Kode-kode Ban untuk Keselamatan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 04 Juni 2016

Foto: Poisi kode-kode ban terletak pada dinding ban.

JAKARTA – Tidak banyak pemilik mobil paham dengan kode pada ban. Padahal kode pada dinding ban ini menentukan pola berkendara. Contoh, ada kode ban yang menunjukkan batas kecepatan kendaraan.

Sebaiknya kita tahu betul kode-kode ban pada mobil, jadi jangan pahami model alurnya saja. Otospirit ingin menyampaikan jika kode pada dinding atau tepian ban memiliki arti masing-masing. Umumnya kode yang tercantum pada bagian ban tersebut seperti 215/70R17 94S, namun masih banyak lagi. Berikut kode-kode pada ban mobil.

  1. 215: Angka pertama yang akan kita bahas adalah lebar ban dalam satuan milimeter (mm). Mengacu pada angka tersebut, maka si kulit bundar tersebut memiliki lebar 215 mm.
  2. 70: Angka kedua pada kode ban ini menunjukkan Aspek Rasio yang biasanya menggunakan persentase (%). Aspek rasio ini merupakan perbandingan antara tinggi dan lebar ban di kali 100%. Jika tertera demikian maka Aspek Rasio ban tersebut yakni 70%.
  3. R: Kode yang satu ini menunjukkan konstruksi sebuah ban. Kode seperti ini menandakan bahwa ban Anda memiliki konstruksi radial. Produsen ban memiliki berbagai konstruksi, namun umumnya mobil baru menggunakan konstruksi radial.
  4. 17: Angka ini menunjukkan diameter pelek yang bisa digunakan. Sehingga pelek yang bisa dipasang pada ban tersebut harus memiliki diameter 17”. Jika Anda mencoba dengan angka yang berlainan, maka dijamin ban tersebut tidak pas dengan pelek yang ada.
  5. 94: Menunjukkan Indeks Beban (Load Index/Li), yang menjadi indikator batas maksimum muatan beban yang sanggup ditopang sebuah ban. Li memiliki pakem ukuran yang sudah tertera, dengan angka 94 maka tiap ban ini mampu menahan beban hingga 670 kg.
  6. S: Menunjukkan simbol batas kecepatan yang dianjurkan untuk ban tersebut. S artinya kecepatan maksimal 180 kpj. Ada juga ban yang berkode Q yang artinya kecepatan maksimal 160 kpj, H (210 kpj), dan jika berkode V artinya batas maksimal kecepatan adalah 240 kpj.

Sangat penting mengetahui kode-kode ban tersebut, sebab kode-kode ini dalam peranannya menentukan keselamatan dalam berkendaraan. [Dew/Ikh]


Komentar