Menang di Belgia, Hamilton Pangkas Selisih Poin dengan Vettel Share this
F1
Mode baca

Menang di Belgia, Hamilton Pangkas Selisih Poin dengan Vettel

Adi Hidayat
pada 28 August 2017

SPA – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel harus mengakui kekalahannya dari Lewis Hamlton, pembalap Mercedes di Formula 1 Pirelli Belgian Grand Prix.

Sementara itu, Daniel Ricciardo dari Red Bull Racing berhasil membuat kejutan dengan berhasil menguasai posisi ketiga, mengalahkan Kimi Raikkonen dari Ferrari yang lebih diunggulkan. Valtteri Bottas dari Mercedes menutup balapan dengan meraih posisi kelima.

Di posisi keenam, duduk Nico Hulkenberg dari Renault disusul oleh Romain Grosjean dari Haas dan Filipe Massa dari Williams. Posisi kesembilan diisi oleh Esteban ocon dari Force India dan Carlos Sainz dari Torro Rosso menututp posisi 10 besar.

Meski menang, namun bukan berarti Hamilton tidak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari tipisnya jarak antara dirinya dengan Vettel yang berada diposisi kedua. Jarak diantaranya tidak pernah lebih dari tiga detik.

Ia berhasil melakukan start yang baik, nanum Vettel juga tidak kalah baiknya. Keduanya langsung memimpin balapan didepan Bottas, Raikkonen, Verstappen dan Ricciardo. Sayangnya, Verstappen tidak bisa melanjutkan balapannya karena harus keluar di lap ketujuh karena mobilnya mengalami kerusakan.

Hamilton masih terus memimpin hingga terjadi kecelakaan antar dua pembalap Force India yaitu Ocon dan Perez di lap ke-30. Senggolan antar keduanya membuat safety car masuk ke lintasan karena banyaknya sepihan mobil yang tercecer. Kondisi ini dimanfaatkan oleh sebagian besar pembalap untuk masuk ke pit dan mengganti ban.

Salah satu yang mengganti ban adalah Vettel. Ia mengganti bannya dengan ultrasoft sehingga diharapkan mampu memberi tekanan pada Hamilton yang meski mengganti ban, namun tetap menggunakan ban soft.

Saat balapan dimulai kembali di lap ke 34, Bottas melakukan kesalahan sehingga membuatnya dengan mudah disusul oleh Ricciardo dan Raikkonen. Sementara di bagian depan, Hamilton kembali berjibaku dengan Vettel yang menggunakan ban ultrasoft. Di atas kertas, ban ultrasoft memiliki kemampuan untuk membuat ban meluncur lebih cepat ketimbang ban soft. Beruntung, Hamilton berhasil mempertahankan posisinya.

Hasilnya pun Hamilton berhasil memenangkan balapan sehingga selisih poin antara dirinya dengan Vettel berkurang menjadi hanya tujuh poin dari sebelumnya 14 poin. Menariknya adalah kemenangan Hamilton ini merupakan kemenangannya ke-58 dari 200 Grand Prix yang telah dilakoninya. [Adi/Ikh]


Komentar