Lewis Hamilton Menang di F1 Jepang 2017, Vettel Kembali Gagal Finish Share this
F1
Mode baca

Lewis Hamilton Menang di F1 Jepang 2017, Vettel Kembali Gagal Finish

Adi Hidayat
pada 09 Oktober 2017

Foto: Hamilton-Menang-di-Jepang

SUZUKA – Lewis Hamilton, pembalap dari tim Mercedes harus berjuang susah payah untuk bisa meraih kemenangan di Formula 1 Japanese Grand Prix 2017. Ia hanya unggul 1,2 detik dari Max Verstappen, pembalap Red Bull Racing yang meraih posisi kedua. Sementara itu Daniel Ricciardo dari Red Bull Racing melengkapi posisi tiga besar.

Kemenangan ini ditambah dengan gagalnya Sebastian Vettel dari Ferrari menyelesaikan balapan akibat kendala teknis, maka selisih poin antara Hamilton dengan Vettel semakin melebar menjadi 59 poin. Kini Vettel harus berjuang lebih keras di sisa empat balapan untuk meraih 100 poin yang diperebutkan agar dapat meraih gelar Juara Dunia.

Vettel memang sempat mengalami kecelakaan parah saat melakoni balapan di Malaysia pekan lalu, namun kondisi tersebut tidak terlalu banyak berpengaruh. Hal ini terlihat dari berhasilnya Ia mengejar Hamilton di awal balapan dengan melakukan start baik dari posisi kedua. Sayang, kondisi tersebut tidak berlangsung lama akrena Verstappen berhasil menyusulnya beberapa tikungan kemudian.

Tak berapa lama, posisinya kembali melorot seletah disusul oleh Esteban Ocon dari Force India, Ricciardo dan Valtteri Bottas dari Mercedes. Pada lap ke lima, Vettel pun akhirnya mengakhiri balapannya akibat terjadinya kerusakan pada businya.

Sementara itu Carlos Sainz Jr dari Toro Rosso juga gagal finish akibat mobilnya tidak bisa dikendalikan di lap ke 7. Ini adalah hasil yang kurang mengenakkan karena ini adalah balapan terakhirnya bersama Toro Rosso. Seri berikutnya, Ia akan pindah ke Renault menggantikan Jolyon Palmer.

Hamilton dan Verstappen pun terus melanjutkan pertarungan mereka namun perlahan Hamilton berhasil menguasai jalannya balapan. Ia berhasil melebarkan jarak hingga lima deikt ketika Verstappen melalukan pit stop di lap 21 sementara Hamilton melakukan pit stop di lap berikutnya.

Pada lap 47, Lance Stroll dari Williams kehilangan kendali atas mobilnya dan merusak suspensi depan sehingga Ia harus menyelesaikan balapan lebih awal. Kondisi tersebut membuat Virtual Safety Car (VSC) dinyalakan. Ini adalah VSC kedua di balapan ini setelah pada lap ke sembilan Marcus Ericsson dari tim Sauber menabrak pembatas. Kondisi ini pun membuat jarak Hamilton dengan Verstappen mendekat.

Lap ke 50, posisi Hamilton kembali diburu oleh Verstappen yang mulai all out. Namun, Fernando Alonso dari McLaren menjadi perhatian. Ia memang membiarkan Hamilton untuk melakukan overlap, namun saat Verstappen hendak melakukan hal yang sama, Alonso justru melanjutkan pertarungannya dengan Filipe Massa dari Williams. Akibatnya, Verstappen sempat tertahan beberapa saat. Kondisi ini pun menjadi perhatian khusus dan sedang diselidiki oleh pengawas balapan.

Pada akhirnya, Verstappen harus puas duduk di peringkat kedua dengan selisih jarak 1,2 detik dan Ricciardo berhasil meraih podium di Suzuka yang selalu Ia idamkan. Bottas berhasil meraih posisi keempat dengan jarak lebih dari 9 detik dari Ricciardo. Sementara Kimi Raikkonen dari Ferrari berhasil meraih posisi kelima. Bottas dan Kimi memang harus start dari belakang karena mereka terkena penalty akibat menggunakan gearbox baru. [Adi/Ikh]


Komentar