Kuasai F1 Canada, Hamilton Pangkas Jarak dengan Vettel Share this
F1
Mode baca

Kuasai F1 Canada, Hamilton Pangkas Jarak dengan Vettel

Adi Hidayat
pada 12 Juni 2017

MONTREAL – Mercedes berhasil meraih podium satu dan dua di GP Kanada dini hari tadi. Sementara posisi ketiga berhasil diraih oleh Daniel Ricciardo dari Red Bull. Jalannya pertandingan bisa dikatakan cukup keras di awal.

Hal ini disebabkan karena cuaca terbilang berangin dan menjadi sebuah tantangan bagi aerodinamika kendaraan.

Hamilton berhasil melakukan start yang baik dengan berhasil mempertahankan posisinya. Namun, start Max Verstappen dari Red Bull jauh lebih menarik. Ia start dari posisi kelima dan langsung menyodok ke depan dan meraih posisi kedua sementara Bottas berhasil duduk posisi ketiga. Malang untuk Sebastian Vettel dari Ferrari.

Ia harus terdepak ke posisi empat dan mengalami kerusakan pada sayap depan. Kerusakan tersebut membuatnya harus masuk pit dan posisinya langsung melorot ke posisi 18.

Namun, nasib lebih sial terjadi untuk beberapa mobil di belakang. Pasalnya, Romain Grosjean dari Haas dan Carlos Sainz dari Toro Rosso mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut membuat Carlos Sainz mengalami spinning ke rumput dan menabrak Filipe Massa dari Williams.

Akibatnya, keduanya harus berhenti lebih awal dan safety car masuk ke lintasan. Sementara itu Grosjean berhasil masuk pit untuk mengganti hidung depan.

Saat Safety Car keluar lintasan, Hamilton langsung membuat jarak dengan Verstappen di posisi kedua. Ia dan Bottas sempat terlibat duel namun sayangnya di lap ke 23, Verstappen harus keluar lintasan karena mobilnya mendadak bermasalah. Bottas pun naik posisinya disusul oleh Esteban Ocon dari Force India dari posisi ketiga.

Ocon pun menunjukkan kualitasnya dengan berhasil naik posisi kedua setelah menyusul Bottas. Namun, posisi kedua tersebut tidak berlangsung lama karena Ia harus masuk ke pit pada lap 32.

Keluar dari pit, Ocon harus puas dengan posisi kelima. Sementara itu posisi terdepan masih diisi oleh Hamilton, disusul oleh Bottas di posisi kedua, Ricciardo ketiga, Perez keempat, dan Raikkonen kelima. Menariknya adalah, Vettel sudah mulai bangkit dengan berhasil masuk ke posisi tujuh. Sayangnya, Raikkonen harus keluar dari lima besar karena harus masuk pit.

Lap ke-50, terjadi duel antara Ricciardo, Perez dan Ocon. Menariknya, Perez diperintahkan timnya untuk memberi jalan pada Ocon namun langsung ditolak. Perez masih berusaha untuk merebut posisi Ricciardo. Ketika itu, duo Ferrari berhasil semakin mendekat.

Lap ke 60, Raikkonen mengeluhkan remnya. Akibatnya, Ia melebar saat tikungan dan membuat Vettel berhasil menyusulnya. Vettel kembali memperbaiki posisinya setelah menyalip Ocon di lap ke 65 dan Perez di lap berikutnya. Sayangnya, Vettel gagal merebut posisi ketiga karena Ricciardo berhasil finish terlebig dahulu menyusul Hamilton di posisi pertama dan Bottas di posisi kedua.

Hasil ini membuat Hamilton berhasil memotong selisih poin dengan Vettel dari 25 menjadi hanya 12 poin. Sementara klasemen konstruktor, Mercedes berhasil mempin dengan angka 222 disusul oleh Ferrari dengan 214 dan Red Bull Racing dengan angka 112. [Adi/Ikh]


Komentar