Nico Rosberg Juara Dunia Formula 1 2016 Share this
F1
Mode baca

Nico Rosberg Juara Dunia Formula 1 2016

Adi Hidayat
pada 27 November 2016

Foto: Nico Rosberg Juara Dunia Formula 1 2016

ABU DHABI – Nico Rosberg meraih gelar juara dunia Formula 1 2016 meski finish di belakang Lewis Hamilton saat melakoni balapan di seri terakhir F1 musim 2016 di sirkuit Etihad Airways Abu Dhabi, Minggu (27/11/2016) malam WIB.

Saat start dilakukan, Hamilton langsung melesat ke depan dan memimpin balapan. Di belakangnya bertengger Rosberg. Duo Mercedes memimpinn balapan dengan tenang hingga pada lap tujuh, Hamilton masuk pit dan Rosberg memimpin balapann. Selang 1 pit berikutnya, gentian Rosberg yang masuk pit.

Saat keluar pit, Rosberg duduk di posisi ketiga di belakang Marx Verstappen dari Red Bull dan Hamilton di posisi pertama. Rosberg pun bermain aman dengan hanya membuntuti Verstappen dari belakang tanpa berusaha menyusul.

Lap 13, mobil Jenson Button mengalami kerusakan pada suspensinya. Ia pun harus mengakhiri balapan terakhirnya dengan lebih cepat.

Setelah bersabar di belakang Verstappen beberapa lap, Rosberg akhirnya berhasil menyusul Verstappen di lap 20. Ia mencoba melakukannya di lap Sembilan, namun gagal. Ia baru berhasil saat mencoba dari sisi luar tikungan 10.

Lamp 51, posisi empat besar diisi oleh Hamilton, Rosberg, Vettel dan Verstappen. Vettel bahkan berhasil menempel ketat duo Mercedes di lap 52. Jarak antara Vettel dan Rosberg hanya 0,8 detik. Jaraknya hanya menjauh di track lurus, sementara ketika memasuki tikungan, Vettel berhasil mendekati Rosberg.

Lap 54, Vettel sempat nyaris menyalip Rosberg sementara Hamilton melalui komunikasi radio menyampaikan bahwa dirinya sudah tidak mungkin menjadi juara dunia.

Lap 55, Vettel kembali menempel ketat, namun Rosberg melalui lap terakhir dengan sangat tenang. Ia tidak terlihat terburu-buru dan tetap fokus di posisi kedua, di belakang Hamilton. Hamilton berhasil meraih kemenangan di Abu Dhabi, namun Rosberg berhasil meraih gelar Juara Dunia. [Adi/Ikh]


Komentar