Mobil Listrik Pertama Mazda Lahir 2020 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Mobil Listrik Pertama Mazda Lahir 2020

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 12 June 2019

HIROSHIMA — Mazda menyatakan bakal mewujudkan komitmennya membuat mobil listrik pada tahun depan. 

Berita ini sekaligus menjadi jawaban Mazda menghadapi regulasi batas maksimal emisi gas buang CO2 di Eropa sebesar 114.9 g/km. Hal tersebut dipastikan langsung oleh Akira Marumoto selaku President & CEO Mazda Motor Corporation (MMC) kepada Automotive News Europe. 

Salah satu langkah sudah dilakukan melalui peluncuran mesin Skyactiv-X. Dengan teknologi perpaduan mesin bensin dan diesel, Mazda berhasil menekan CO2 dari 100 g/km. Sementara pada 2018 lalu saja, CO2 dari mobil-mobil Mazda diperkirakan sudah mencapai 135.2 g/km.

Selanjutnya, Mazda juga memutuskan untuk bekerjasama dengan Toyota sebagai bagian rencana mereka untuk menghasilkan mobil dengan energi terbarukan. Marumoto bahkan berani menyebutkan kalau mobil listrik Mazda itu akan hadir tahun depan. Tak berhenti di sana, Mazda juga akan terus melanjutkannya dengan merilis model-model ramah lingkungan lain. 

"Mobil listrik pertama Mazda akan memasuki pasar tahun depan. Kemudian, kami akan memperkenalkan model plug-in hybrid di 2021 atau 2022. Dengan begitu, target kami (mengurangi emisi gas buang) akan tercapai. Meskipun akan mengalami beberapa kesulitan di 2020," kata Marumoto kepada sumber serupa. 

Walau sudah ada kesepakatan, Mazda memutuskan bakal melahirkan mobil listrik pertama itu berdasarkan kreasinya. Marumoto menyebut Mazda telah dikenal karena keunikannya. Namun, demikian Marumoto mengatakan belum ada pekerjaan khusus terkait kerjasama keduanya (Mazda-Toyota).

"Kami belum mengembangkan mesin apapun dengan Toyota. Jadi, belum ada rencana mengenai apa yang akan dilakukan. Kami bergabung dalam pengembangan electric vehicle (EV) bersama mereka. Tapi, kami akan memperkenalkan mobil listrik pertama kami di Mazda pada 2020," terang Marumoto. 

Belum diketahui akan seperti apa Mazda menyajikannya kepada konsumen. Namun, tidak menutup kemungkinan basisnya diambil dari Mazda CX-5 yang notabene produk terlaris mereka. Sementara untuk kendaraan plug-in hybrid, Marumoto memastikan target mereka adalah mengaplikasikan motor listrik dengan mesin diesel. [Ary/Idr]


Komentar