Mitsubishi e-Yi, SUV Kekar dan Bersih Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Mitsubishi e-Yi, SUV Kekar dan Bersih

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 10 April 2019

TOKYO — Mitsubishi e-Yi Concept akan mengawali debutnya di kawasan Asia melalui perhelatan Shanghai International Automobile Industry Exhibition 2019.

Pada keikutsertaannya kali ini, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memutuskan untuk memamerkan SUV (sport utility vehicle) tersebut di booth rekanannya yakni GAC Mitsubishi Motors Co., Ltd. (GMMC). Meski masih berupa konsep, langkah ini jelas merupakan langkah pendekatan untuk melihat minat masyarakat terhadap produk berplatform PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) tersebut.  

Seperti diketahui, saat ini China tengah menjadi ladang untuk pemasaran mobil listrik maupun hybrid di kawasan Asia. Bahkan, GMMC pun tahun lalu sudah memproduksi beberapa mobil yakni Eupheme EV and Eupheme PHEV secara lokal. Tapi, Mitsubishi e-Yi jelas harus punya bekal istimewa jika nantinya diproduksi massal. 

Dengan tagline 'Urban Ambitious Life', Mitsubishi e-Yi didesain untuk memenuhi kebutuhan penggemar SUV. Apalagi, mobil ini telah disemati sistem elektrifikasi a la MMC yang sudah terkenal dan teruji pada Outlander PHEV. Mitsubishi e-Yi menggunakan baterai berkapasitas besar dengan sistem penggerak Twin Motor yang diklaim mampu menghasilkan tenaga besar, namun efisien. 

Sistem itu disandingkan dengan mesin bensin 2.4 L. Jika dalam kondisi bensin serta baterai penuh, Mitsubishi e-Yi bisa dijalankan lebih dari 700 km. Sebagai sebuah SUV, e-Yi juga dituntut bisa mengarungi berbagai lintasan. Maka itu pula MMC turut menggandengkan Twin Motor-nya dengan 4WD (four-wheel-drive). 

Tak hanya itu, beberapa fitur guna mendukung kelincahan Mitsubishi e-Yi juga turut diaplikasi. Mulai dari Active Yaw Control (AYC) dan Super All-Wheel Control (S-AWC). Tapi, pihak pabrikan tetap melengkapinya dengan perangkat bantuan yang tergabung ke dalam Advanced Driver Assistance System (ADAS). Sementara untuk sistem keselamatannya ada brake force pada setiap roda dan sudah terintegrasi pula dengan sistem rem ABS (anti-lock braking system). 

Selain performa, Mitsubishi e-Yi memiliki tampilan dinamis. Ditunjukkan melalui penerapan desain garis dan lekukan tegas. Pada bagian muka juga tersaji grill besar dan aksen krom. Menariknya, gaya desain area ini mirip dengan Mitsubishi Xpander. Ditambah lag dengan komposisi lampu utama di bawah dan DRL (daytime running light) di atas. 

Sedangkan pada bagian samping justru tampak radikal dengan model velg demikian. Ditambah lagi penerapan two-tone colour tak biasa yakni warna alumunium dan biru. Selanjutnya, bagian belakang Mitsubishi e-Yi terkesan lebih kalem karena minim tekukan garis-garis keras. 

Masuk ke bagian dalam, kabin Mitsubihsi e-Yi menawarkan kemewahan dan kenyamanan baik pengemudi maupun penumpang. Namun, desain dashboard rancangan MMC yang diistilahkan Horizontal Axis tetap membuat pengendaranya tetap leluasa saat mengendarai mobil ini di lintasan off-road sekalipun. Artinya, pengemudi mendapatkan posisi mengemudi serta visibilitas yang baik. 

Belum lagi ditunjang oleh penyajian informasi dari panel instrumen dari layar LCD berukuran 12,3 inci. Monitor serupa juga ditemui pada area tengah dashboard sebagai pusat sistem hiburan. [Ary/Idr]    


Komentar