Lotus Lahirkan Mobil-mobil Lebih Ringan dan Lebih Cepat Share this
Mobil Baru
Mode baca

Lotus Lahirkan Mobil-mobil Lebih Ringan dan Lebih Cepat

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 01 Mei 2016

Foto: Lotus Cars terus berupaya untuk menurunkan bobot kendaraan

NORWICh - Lotus Cars telah mengenalkan produk terbaru dari Lotus Evora Sport 410, Lotus Elise Cup 250, Lotus Exige Sport 350 Roadster, Lotus 3-Eleven, Lotus Evora 400 dan Lotus Elise Sport 220.

Model-model ini diklaim lebih ringan dibandingkan model sebelumnya, sementara tetap diperkuat mesin bertenaga. Klaim perusahaan bobot mobil ada yang berkurang hingga lebih dari 200 kg. Tak heran jika mobil-mobil Lotus terbaru lebih cepat dibanding dengan model sebelumnya.

Jean-Marc Gales selaku CEO Group Lotus plc menjelaskan ada tiga fokus utama dalam pengembangan model terbaru tersebut yaitu harus lebih ringan, lebih cepat, lebih baik.

"Kami tidak mengikuti cara produsen mobil lainnya. Inovasi datang dengan cara pendekatan dengan konsumen melalui survei. Colin Chapman (pendiri Lotus Cars) berkata "Penambahan tenaga (mesin) membuat Anda lebih cepat di trek lurus, berkurangnya bobot (kendaraan) membuat mobil lebih cepat di lintasan apapun, dan pemikiran itu yang telah menjadi bagian dari DNA kami."

"Untuk menyempurnakan mobil sport murni, Anda harus mempertimbangkan berat kompetitor. Menurunkan berat badan akan membuat keuntungan sangat signifikan. Lebih kuat dan lebih cepat di tikungan, pengereman yang lebih baik, lincah dan responsif, bersama dengan akselerasi yang lebih cepat."

Contoh new Lotus Evora Sport 410 hanya berbobot 1.325 kg dari model sebelumnya. Namun jika dibandingkan dengan Lotus Evora 400, mobil ini lebih ringan 70 kg karena menggunakan paket serat karbon.

Sedangkan new Lotus Exige Sport 350 kini beratnya hanya 1.085 kg. Penurunan bobot tersebut karena setiap detail dari versi terbarunya mempertimbangkan untuk menurunkan berat dan memberikan komponen tailgate baru yang terbukti mengurangi bobot hingga 3 kg.

Di samping itu, mekanisme perpindahan gigi didesain ulang hingga bobot turun 3 kg, subframe yang telah direvisi dan panel bodi disederhanakan hingga bobot turun 12 kg.

Bagian lain yang lebih ringan termasuk splitter depan, diffuser belakang, kursi sport karbon dan penambahan panel depan terbuat dari sport karbon. [Ikh/Idr]

Lebih lanjut di Otospirit
Lotus Lahirkan Mobil-mobil Lebih Ringan dan Lebih Cepat


Komentar