Si Brutal Lotus Exige Race 380 Share this
Modifikasi
Mode baca

Si Brutal Lotus Exige Race 380

Denny Basudewa
pada 16 Januari 2017

LONDON – Lotus meluncurkan Exige Race 380 paling brutal untuk lintasan balap.

Lotus mengembangkan Exige khusus lintasan balap ini dengan mesin berperforma dan berbobot super ringan. Mobil ini dibangun tanpa kompromi dan diciptakan untuk menang. Perpaduan dimensi mungil dengan bobot ringan membuat kendaraan ini disebut-sebut mempunyai tenaga paling brutal.

Pabrikan menggunakan basis Exige Sport 380 yang dikawinkan dengan beberapa komponen khusus kompetisi mulai girboks, suspensi, sistem aerodinamis dan ecu remapping adalah beberapa bagian yang dimodifikasi agar memiliki tenaga lebih beringas.

Lotus Exige Race 380 mengandalkan mesin 3.5-liter V6 yang sama dengan versi jalanan. Namun dapur pacu mobil ini diklaim lebih ringan 68 kilogram. Jika ditambah bobot body, supercar mungil ini total hanya memiliki bobot 998 kg.

Mesin tadi disandingkan dengan sistem transmisi manual 6-speed sequential. Sistem inilah yang membuat kendaraan mempunyai akselerasi luar biasa. Lotus Exige Race 380 hanya butuh waktu sekitar 3 detik untuk bergerak dari 0-100 kpj.

Sebagai mobil balap, sistem peredam kejut tentunya harus mendapat perhatian lebih. Suspensi ohlins adjustable dampers disandingkan dengan rumah roda ultra ringan. Perangkat rem pada mobil ini sendiri mengandalkan buatan AP Racing. Sedangkan untuk penyalur gas buang, Lotus menggunakan pipa berbahan titanium.

Di bagian belakang menggunakan spoiler berukuran besar guna memaksimalkan mobil ketika melaju pada kecepatan 273 kpj. Mobil ini dijual seharga Rp 1,6 miliar (belum termasuk pajak).

Produksi pertama Lotus Exige Race 380 baru dikirim pada Mei 2017. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Si Brutal Lotus Exige Race 380


Komentar