Ducati MIG-RR, Sepeda Gunung Bertenaga Listrik

MILAN – Ducati memperkenalkan sepeda-gunung (MTB) canggih dengan bantuan tenaga listrik MIG-RR. Sepeda ini merupakan Mountain Bike canggih dengan menggendong baterai.

Ducati MIG-RR diciptakan sebagai sepeda gunung dengan spesifikasi tinggi. Bekerjasama dengan Thok sebagai produsen sepeda listrik, rangka MIG-RR menggunakan bahan alumunium. Pada framenya tertanam baterai berkapasitas 504-Wh.

Meskipun sepeda ini dapat digowes seperti pada umumnya, namun baterai yang digunakan dapat memberikan tenaga tambahan sebesar 24 km/jam. Hal ini sangat membantu pengendaranya ketika tengah kesulitan mendaki bukit nan terjal.

Ducati MIG-RR menawarkan tiga pilihan penyaluran daya dari baterai yakni Eco, Trail dan Boost. Dua mode berkendara yang disebut terakhir dapat dikustomisasi lagi sesuai kebutuhan.

Sementara sistem transmisinya menggunakan merek Shimano Steps E9000 yang diciptakan khusus sepeda gunung. Adapun gear set kendaraan roda dua tersebut disokong oleh Shimano XT11. Transmisi tersebut memberikan torsi sebesar 70 Nm. Kemudian Kashima Factory Fox shocks bertugas untuk memberikan kenyamanan berkendara.

“E-mountain bike membuat para pesepeda dapat menaklukkan medan apapun. Membuat apa yang sebelumnya tidak mungkin dengan sepeda biasa menjadi bisa dilakukan,” ucap pihak Ducati melalui siaran persnya.

Ducati MIG-RR mulai dipajang di EICMA pada 8 – 11 November 2018. Sepeda ini baru bisa dipesan pada Januari tahun depan dengan harga Rp 105 juta. [Dew/Ari]