Komparasi Wuling Almaz dengan All-new Honda CR-V Share this
Komparasi
Mode baca

Komparasi Wuling Almaz dengan All-new Honda CR-V

Denny Basudewa
pada 24 Januari 2019

Foto: All-new Honda CR-V vs Wuling Almaz

JAKARTA – Wuling Almaz akhirnya menampakkan dirinya dengan mengusung fitur-fitur terkini nan canggih.

Hal ini dipercaya akan mengancam keberadaan para pesaingnya di kelas yang sama. Sebagai SUV pertama dari Wuling Motors, Almaz mengusung berbagai fitur canggih seperti monitor besar layaknya mobil listrik asal Amerika Serikat yakni Tesla.

Lebih jauh, Wuling Almaz juga telah dibekali dengan seperangkat sistem keselamatan pasif maupun aktif yang cukup komplit. Fitur seperti Traction Control System (TCS), Auto vehicle Holding (AVH), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) membuat kendaraan ini memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya.

Berbagai keunggulan yang disematkan pada Wuling Almaz membuatnya lebih unggul dari kompetitornya. Salah satunya kompetitor yang sejatinya akan terusik adalah all-new Honda CR-V. SUV asal Jepang yang sudah cukup lama beredar di Indonesia tersebut diyakini akan tergerus pasarnya.

Wuling sejak hadir pertama kali di Indonesia pada 2017 memang selalu memberikan kejutan. Produk-produk buatannya tidak hanya memberikan pilihan lain bagi konsumen semata. Namun kehadirannya mampu mencuri perhatian melalui harga yang jauh di bawahnya. Hal ini juga didukung dengan fitur yang ditawarkan lebih baik dari kompetitornya.

Wuling Confero contohnya yang hadir medio 2017. Masuk ke Tanah Air sebagai Low MPV yang pasarnya sangat seksi, namun kendaraan ini mampu memakan kue meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, khususnya pada tahun pertamanya.

Kemudian manufaktur berlambang Lima Berlian ini mencoba peruntungan lagi melalui Wuling Cortez dan Formo. Hasilnya cukup menggembirakan karena penjualan produk-produk mereka naik drastis. Dengan mengandalkan tiga model, Wuling kini menempati posisi sembilan sebagai merek mobil paling laris di Indonesia.

Almaz kemudian hadir sebagai langkah baru Wuling di Indonesia. Produsen asal negeri Tirai Bambu tersebut memperluas pasar dengan menelurkan SUV. Dianggap menjadi ancaman all-new Honda CR-V, karena kedua kendaraan memiliki fitur dan spesifikasi yang terbilang serupa.

Wuling Motors hingga saat ini belum merilis harga Almaz untuk Indonesia. Langkah yang sama (perkenalan harga terlebih dahulu) dilakukan seperti produk-produk sebelumnya. Bagaimana perbedaan dua kendaraan tersebut di atas, simak tabelnya di bawah ini. [Dew/Ari]

Wuling AlmazHonda CR-V Turbo
Mesin
Kapasitas1.451 cc1.498 cc
Jenis4 silinder inline DOHC Turbocharger1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
TransmisiCVT with 8-speed simulatedCVT with Earth Dreams
Tenaga140 hp @5.300 rpm187 hp @5.600 rpm
Torsi250 Nm @1.600 -3.600 rpm240 Nm @2.000 – 5.000 rpm
Dimensi
Panjang4.655 mm4.584 mm
Lebar1.835 mm1.855 mm
Tinggi1.760 mm1.679 mm
Jarak sumbu roda2.750 mm2.660mm
Kemudi
Electric power steeringyaya
Tilt steeringyaya
Telescopic steeringyaya
Suspensi
DepanMcPerson Strut Coil Spring, Independent SuspensionMacPherson Strut
BelakangMulti-link, Independent SuspensionMulti-link
Rem
DepanCakramcakram
BelakangCakramcakram
ABS + EBDYaya
Brake AssistYaya
Parking BrakeElectronicelectronic
Auto hold brakeYaya
Fitur
Dual front airbagYaya
Side curtain airbagYatidak
ISOFIXyaya
Vehicle Stability Assist (VSA)yaya
Hill Start Assist (HSA)yaya
Start stop buttonyaya
Alarmyaya
Panoramic roofyatipe teratas

Komentar