Ini Keuntungan dari Toyota Fortuner Diesel Share this
Mobil Baru
Mode baca

Ini Keuntungan dari Toyota Fortuner Diesel

Indra Prabowo
pada 01 Februari 2016

JOGJAKARTA – Keunggulan yang dimiliki mobil bermesin diesel rupanya telah berhasil membuat masyarakat jatuh hati.

Selain mesin diesel sudah tidak berisik, begetar maupun kotor lagi. Mesin diesel juga dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, memiliki torsi besar dan tetap bisa melaju kencang di jalan raya.

Salah satu mobil diesel terfavorit di Indonesia adalah Toyota Fortuner diesel. Sejak diperkenalkannya teknologi VNT (Variable Nozzle Turbodiesel) plus intercooler) pada tahun 2012, Toyota Fortuner bermesin diesel berhasil mematahkan dominasi mesin bensin.

“Penjualan Toyota Fortuner diesel menguasai 90% penjualan Fortuner secara keseluruhan sejak kualitas BBM diesel semakin terjaga dan distribusinya lebih merata. Orang-orang semakin paham bahwa mesin diesel lebih efisien dibandingkan mesin bensin, apalagi dengan VNT membuat keluaraan torsi merata di berbagai putaran mesin,” ujar Rouli Sijabat, Public Relation Manager, PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Generasi terbaru Toyota Fortuner dibekali dengan mesin diesel baru 2GD-FTV VNT menggantikan 2KD-FTV VNT. Meski jantung mekanis anyar mengalami downsizing menjadi 2.4-liter dari 2.5-liter, tenaganya justru naik 4% menjadi 149,6 hp dan torsinya meroket 17% menjadi 400 Nm. Konsumsi bahan kabar pun diklain lebih irit 16% dibanding VNT sebelumnya.

Itu semua didapat via sejumlah cara yang telah ditempuh oleh para ahli teknis Toyota misalkan saja menjaketi kepala piston dengan SirPA (Silica Reinforced Porous Anodized Aluminum), mengecilkan dimesin turbo 30% sehingga lebih mudah diputar oleh angin dan semakin memangkas turbo lag.

Jika Anda berminat Toyota Fortuner diesel dijual dari harga Rp 494000000. [Idr]


Komentar