First Drive All-new Toyota Fortuner Share this
Review Mobil
Mode baca

First Drive All-new Toyota Fortuner

Adi Hidayat
pada 23 Januari 2016

JAKARTA – Hanya sesaat setelah peluncurannya, kami berkesempatan untuk mencoba ketangguhan all-new Toyota Fortuner 2017.

Mengambil lokasi pada salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan, Toyota menyediakan lintasan ekstrim untuk menjajal ketangguhan Toyota Fortuner 4x4. Mulai dari lintasan miring hingga 400, tanjakan curam sekitar 470 dan bergelombang. Ekstrimnya lintasan ini menjadikan Toyota menolak untuk memberikan kunci mobil pada para wartawan.

Saat masuk ke kursi penumpang depan, posisi duduk memang terasa tinggi. Wajar karena Fortuner memiliki grond clearance tinggi. Dengan ini, Toyota Fortuner dipastikan mampu menghadapi kondisi jalan yang tidak rata.

Mobil pun melaju dan memasuki jalur pengujian rem. Meski dalam kecepatan tinggi dan pedal rem diinjak keras-keras, roda tetap tidak mengunci. Berkat sistem ABS yang sudah disematkan, all-new Toyota Fortuner tetap bisa dikendalikan. Lintasan pun beralih kelintasan miring. Meski sudut kemiringan cukup ekstrim, namun Toyota Fortuner terasa masih menapak dan tidak terganggu.

Seletah lintasan miring dilalui, giliran lintsan menanjak yang dihadapi. Meski tidak terlalu tinggi, namun sudut kemiringan menjadi tantangan tersendiri. Pengemudi pun menghentikan kendaraan dan memindahkan sistem penggerak menjadi 4L.

Mobil pun mendaki pelan namun pasti. Perlahan, lintasan yang dilalui pun tidak terlihat dan tergantikan oleh pemandangan langit. Kemudian sesaat di puncak, mobil kembali turun dengan perlahan-lahan.

Selesai melewati bukit, giliran menguji ketangguhan mobil di jalan bergelombang. Jalan bergelombang ini terbilang curam karena mampu membuat mobil menggantung. Untungnya, karena berpenggerak 4x4, mobil dapat melaju dengan aman meski ada 1 roda yang tidak menapak.

fortuner-2017-1

All-new Toyota Fortuner VRZ

Setelah menantang nyali di lintasan 4x4, kini giliran kami mencoba perfoma all-new Toyota Fortuner VRZ berpenggerak-roda-belakang (rear-wheel-drive).

Sedikit berbeda dengan penggerak 4x4, lintasan untuk Fortuner 2WD terbilang lebih manusiawi. Meski demikian, Toyota tetap membuat lintasan agar masyarakat dapat merasakan ketangguhan SUV buatan Karawang ini.

Lintasan pertama adalah pengujian rem. Saat start, kami langsung menekan pedal gas dalam-dalam. Tarikan awal memang terasa sedikit berat namun setelah itu, mobil berakselerasi dengan nyaman. Tiba di lokasi pengereman, pedal rem pun kami injak dalam-dalam. ABS yang digunakan berhasil membuat roda-roda tidak terkunci dan mobil tetap dalam pengendalian.

Lintasan selanjutnya adalah lintasan miring. Sedikit berbeda dengan penggerak 4x4, untuk lintasan kali ini kemiringan lintasan dibuat agar tidak terlalu ekstrim. Meski demikian, kemiringan yang dihasilkan cukup mengagumkan.

Selesai dari lintasan miring, giliran lintasan dengan speed trap ('polisi tidur') yang dipasang terbilang tinggi dan curam. Namun, ground clearance yang tinggi menjadi all-new Toyota Fortuner berhasil melaluinya dengan mudah. [Adi/Idr]


Komentar