Inikah Wujud Ducati Calon Pesaing R25 dan CBR250RR? Share this
Berita Motor
Mode baca

Inikah Wujud Ducati Calon Pesaing R25 dan CBR250RR?

Denny Basudewa
pada 10 April 2019

Foto: Ducati

JAKARTA – Ducati dikabarkan tengah mengembangkan motor berkapasitas mesin kecil.  Kue yang besar 250cc rupanya menggoda Ducati untuk masuk, apalagi BMW Motorrad telah lebih dulu.

Kabar ini dibenarkan oleh Leonardo Saccioni selaku Sales Director Ducati APAC (Asia Pasific), pada kesempatan peluncuran Scrambler Ducati di Indonesia akhir pekan lalu (7/4). Kepada awak media Ia mengatakan bahwa pihak Ducati memang tengah mengembangkan motor dengan kapasitas mesin kecil, guna menggarap lebih banyak konsumen.

Namun langkah Ducati untuk masuk ke segmen motor sport bermesin kecil, tidaklah dilakukan sendirian. Mereka dikatakan akan berkolaborasi dengan pabrikan motor lain untuk mewujudkan proyeknya tersebut.

“Sangat masuk akal bila kami ingin melakukan itu. Tapi saya tak bisa menyatakan resmi hari ini kalau Ducati akan berkolaborasi memproduksi mesin ber-cc kecil. Jadi tunggu saja kabar berikutnya di EICMA 2019,” ujar Leonardo.

Jika pabrikan motor asal Eropa lainnya memilih untuk berkolaborasi dengan manufaktur asal India. Ducati dikabarkan akan berkolaborasi dengan pabrikan motor asal Thailand. Kabar mengenai hal ini didukung dengan pernyataan sumber terpercaya Otospirit.com.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya tersebut, Ducati akan berkolaborasi dengan salah satu produsen motor nasional Thailand yakni GPX.

Langkah yang diambil oleh Ducati dengan menunjuk pabrikan asal negeri Gajah Putih sebenarnya saling berkaitan. Saat ini mayoritas motor-motor Ducati diproduksi di Thailand. Bahkan produk yang dipasarkan di Indonesia sendiri berasal dari Thailand.

Jika Ducati pada akhirnya memproduksi motor berkapasitas seperempat liter, maka persaingan di kelas 250 cc akan semakin sengit dan pasarnya sendiri akan semakin luas.

GPX sendiri merupakan brand asal Thailand yang sudah memasarkan produk-produknya ke berbagai negara, salah satunya adalah Malaysia. Mereka juga memiliki jajaran produk dengan model yang beragam. [Dew/Idr]


Komentar