4 Fakta Menarik Honda CBR250RR Share this
Motor Baru
Mode baca

4 Fakta Menarik Honda CBR250RR

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 26 Juli 2016

JAKARTA - Honda CBR250RR kian bikin penasaran ketika PT Astra Honda Motor (AHM) tidak mengumumkan harga resmi motor sport ini di saat dibuka selubungnya di Jakarta pada Senin (25/7).

Kabar beredar mengatakan motor ini akan dijual di kisaran Rp 63 - Rp 74 Juta. Harga tertinggi sudah disiapkan Honda untuk tipe yang tersimpan sistem rem ABS guna melengkapi tipe standar (non ABS).

Tidak cukup dengan memperkaya line-up Honda CBR250RR, PT AHM menyediakan pilihan warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic. Motor sport 250cc dua-silinder andalan AHM ini baru akan diterima konsumen di penghujung 2016. Pembelian bisa dilakukan dengan mengunjungi jaringan Wing Dealer Honda di seluruh Indonesia.

Terlepas dari itu semua, ada empat fakta menarik dari Honda CBR250RR. Keempat fakta tersebut tidak akan kalah dengan kompetitornya, Yamaha R25.

1. Stylish

Tema desain “Speed Shape” menghadirkan tampilan menarik dan fungsional sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai. Garis

tajam terlihat dimulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif.

Jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

2. Chassis

Desain frame terbaru dengan struktur pipa baja menjamin kekuatan dan kelenturan. Lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link.

Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna. Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi roda 7-spoke yang didesain secara eksklusif.

3. Power unit

Motor ini ditopang mesin baru DOHC 4-valve 2-silinder yang compact merupakan dasar penting untuk menghadirkan model ini. Untuk membuat mesin yang sangat compact, banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti diterapkan di Honda RC213V.

Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama, berkat teknologi yang diterapkan di mesin baru ini.

4. Electrical and Control systems

Teknologi terkini yakni throttle-by-Wire (TBW). Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW. Model ini menghadirkan akselerasi halus, stabil dan lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan di Honda RC213V.

Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan.

Di samping fakta-fakta menarik itu, AHM menyediakan 10 item Honda Genuine Accesories (HGA) seperti Tank Pad, Radiator Protector, Single Seat Cowl, Eliminator Fender, Aero Fin, Hand  Guard, Fr Fender Carbon, Hugger Carbon, Cover Upper Tank Carbon dan Cover Muffler Carbon. [Ikh/Idr]


Komentar