Ini Dia Tiga Mobil Paling Aman di Asean Share this
Berita Mobil
Mode baca

Ini Dia Tiga Mobil Paling Aman di Asean

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 08 Mei 2018

KAJANG - Toyota Rush, Toyota C-HR dan Hyundai IONIQ Hybrid mendapatkan predikat lima bintang untuk periode 2017-2020 setelah menjalani serangkaian pengujian untuk kawasan Asean.

The New Car Assessment Programme for Southeast Asian Countries (ASEAN

NCAP) kembali melakukan uji tabrak terhadap mobil buatan pabrikan. Di semester kedua 2018 ini, mereka menguji tiga unit mobil yaitu Hyundai IONIQ Hybrid, Toyota Rush dan Toyota C-HR yang berlangsung di MIROS gallery.

Mobil pertama yang diuji adalah Hyundai IONIQ Hybrid. Setelah diuji melalui beberapa tahapan, sedan bertenaga 139 hp ini meraih total 91,89 poin. Angka tersebut merupakan penggabungan dari beberapa kategori. Sebagai informasi, Hyundai IONIQ menjadi model terbaru Hyundai yang pernah diuji setelah Hyundai i10, EON dan Elantra.

Untuk Adult Occupant Protection (AOP) Hyundai IONIQ mendapatkan 46,34 poin dari 50. Sementara dari sisi Child Occupant Protection (COP), mobil buatan Korea ini meraih 21,48 poin dari 25 poin. Selanjutnya, nilai yang diraih IONIQ nyaris mendekati 25 poin yaitu 24,17 poin dari sektor Safety Assist Technology (SATs).

Torehan tersebut otomatis membuatnya diganjar lima bintang dari ASEAN NCAP. Hal ini wajar karena Hyundai IONIQ sudah dibekali perangkat keamanan yaitu Electronic Stability Control (ESC), Seatbelt Reminder System (SBR), Autonomous Emergency Braking (AEB), Vulnerable Road Users technologies, Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW) Systems dan Lane Keep Assist (LKA) dan Blind Spot Technology (BST).

Pada tes kali ini ASEAN NCAP juga turut menguji dua mobil buatan Toyota yaitu new Toyota Rush dan Toyota C-HR. Bagi Toyota Rush, ini adalah pengujian keduanya. Di tahun 2015 silam Toyota Rush hanya mendapatkan empat bintang. Namun, hasil berbeda didapatkan new Toyota Rush.

Setelah diuji dari kategori AOP, new Toyota Rush meraih 43,25 poin. Sementara untuk COP 21,33 poin dan SATs sebesar 19,44 poin. Alhasil, SUV tujuh penumpang tersebut mendapatkan lima bintang dari ASEAN NCAP dengan total torehan 84,03 poin. Generasi terbaru Toyota Rush ini dibuat lebih safety dengan penambahan fitur ESC, ABS dan SBR.

Produk selanjutnya yakni Toyota C-HR. Mobil yang baru saja hadir di Indonesia ini juga tak luput dari pengujian ASEAN NCAP. sedan hatchback ini sudah mengaplikasi tujuh airbag, ABS, ESC dan SBR. Untuk pasar Singapura dan Thailand, Toyota C-HR bahkan sudah memiliki fitur AEB, Vulnerable Road Users technologies, LDW, FCW, BST dan LKA.

Usai pengujian, Toyota C-HR meraih total pendapatan sebesar 91,31 poin. Itu didapat setelah C-HR berhasil mengumpulkan masing-masing penilaian dari kategori AOP sebesar 49,72 poin. Sementara pada COP 20,86 poin dan 20,73 poin dari SATs.

Ir. Dr Khairil Anwar Abu Kassim, Sektetaris Jenderal ASEAN NCAP juga mengaku salah satu fokus pengujian dilakukan terhadap perangkat Blind Spot Technology. Fitur yang disematkan Hyundai IONIQ dan Toyota C-HR itu melakukan kinerja yang baik karena mampu mendeteksi pengendara sepedamotor di area blind spot.

"ASEAN NCAP bangga merilis bahwa model yang kami rilis ini mendapatkan lima bintang. Selain menguji struktur mobil sebagai pelindung penumpang, pengujian juga meliputi teknologi bantuan keamanan canggih yang dapat mencegah kecelakaan atau mengurangi cedera parah terhadap korban. Kami mendorong konsumen untuk memanfaatkan peringkat keselamatan NCAP saat memutuskan membeli mobil baik untuk sendiri atau keluarga mereka," tutup Ir. Dr Khairil Anwar Abu Kassim, Sektetaris Jenderal ASEAN NCAP. [Ary/Ari]


Komentar