Honda PCX Diekspor ke Brazil Share this
Berita Motor
Mode baca

Honda PCX Diekspor ke Brazil

Denny Basudewa
pada 23 Desember 2019

Foto: Ekspor Honda PCX 150

JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) untuk pertama kalinya akan mengeksporSkutik Honda PCX racikan lokal ke luar Asia yakni Brazil.

Skutik bertubuh bongsor tersebut akan dikirimkan ke Brazil dalam bentuk terurai alias CKD (Completely Knock Down). Langkah ini menunjukkan kualitas dan kepercayaan Honda PCX buatan lokal, mampu diterima oleh pasar global.

Ekspor komponen sepeda motor Honda PCX ke Brazil, Amerika Selatan, merupakan bagian dari rangkaian ekspor pabrikan berlambang Sayap Mengepak tersebut, ke beberapa negara baik dalam bentuk komponen (CKD) maupun secara utuh (CBU). 

Dalam periode Januari hingga November tahun ini, AHM mengekspor 321.620 set komponen motor (CKD). Adapun ekspor secara utuh (CBU) tercatat sebanyak 279.716 unit. Angka ini memberikan kontribusi sebesar 37,2 persen, terhadap total ekspor CBU pabrikan motor nasional yang saat ini tercatat sebanyak 750.183 unit.

“Kami berupaya terus memberikan kontribusi signifikan bagi negeri ini, dalam ekspor sepedamotor produksi anak bangsa yang berkualitas tinggi. Kami melakukan ekspor perdana ke Brazil pada kuartal terakhir tahun ini. Ini ekspor perdana kami ke negara di luar Asia. Kami harap ke depan bisa berkembang lebih luas, baik dari sisi negara tujuan maupun produknya,” ujar Kurniawati Slamet, General Manager Overseas Business Division AHM.

Honda PCX buatan lokal sendiri diluncurkan pada akhir 2017. Skutik ini perlahan-lahan memberikan perlawanan bagi Yamaha Nmax yang merajai segmen skutik gambot 150 cc di Tanah Air. Sebelumnya Honda PCX yang dipasarkan dari Vietnam dengan banderol cukup tinggi. [Dew/Idr]


Komentar