Honda CRF1000L Africa Twin Dijual Hampir Setengah Miliar Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda CRF1000L Africa Twin Dijual Hampir Setengah Miliar

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 03 Februari 2017

Foto: Honda CRF1000L Africa Twin

JAKARTA - Honda CRF1000L Africa Twin melengkapi CRF Series di Indonesia.

Sepedamotor adventure ini tersedia dua pilihan warna yakni Victory Red dan Tricolor untuk tipe manual ABS dijual Rp 464 juta dan tipe DCT ABS dibanderol dengan harga Rp 499 juta. Masing-masing motor dipasarkan dengan harga on-the-road DKI Jakarta.

Pendekatan PT Astra Honda Motor (AHM) pada konsumen Honda penyuka motor petualang dibuktikan dengan pilihan sepedamotor tersebut. Nah, di balik tampangnya yang gahar, ternyata tersimpan spesifikasi sesuai fungsinya untuk medan offroad.

Model ini hadir dengan lampu depan LED kembar sehingga menambah kenyamanan ketika berkendara di malam hari.

Honda CRF1000L Africa Twin dipersenjatai mesin 998cc parallel-twin diambil dengan penggunaan empat-katup Unicam head. Kedua tipe ini dilengkapi dengan switchable rear ABS dan pilihan mode Honda Selectable Torque Control (HSTC). Khusus untuk tipe DCT dilengkapi fitur unik Honda Dual Clutch Transmission (fitur baru untuk fungsi offroad).

Fungsi dari DCT ini untuk mendeteksi kondisi jalan menanjak. Dalam kondisi tersebut, fungsi upshift adalah menghambat atau menahan rpm terus di posisi atas.

Mesinnya telah menggunakan shift-cam yang sama seperti pada CRF250R atau 450R guna memastikan perpindahan gear halus. Keunggulan lainnya telah dilengkapi dengan assist slipper clutch.

Mesin besarnya kemudian duduk di atas frame semi-double cradle di mana menghadirkan keseimbangan saat melakukan perjalanan jauh bahkan saat motor dipenuhi dengan beban.

Kaki depan dilengkapi suspensi Showa untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Bagian depan juga ditopang lingkar roda berukuran 21" bersanding dengan wave floating disc brake dan diapit dual kaliper Nissin empat piston.

Dan kaki belakang dikencani suspensi Showa dan menyediakan spring preload yang dapat diatur. Seperti halnya CRF450Rally, CRF1000L Africa Twin menggunakan lingkar roda belakang 18".

Honda melengkapinya dengan sistem elektrik secara keseluruhan mampu mengatasi kondisi medan apapun yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC) system, di mana menawarkan tiga tahap kontrol dan memungkinkan bagi pengendara untuk menonaktifkan sistem ABS roda belakang.

Dan tersedia ride mode yang bisa menyesuaikan kondisi medan. Pengendara bisa memilih mode manual atau otomatik melalui tombol di sisi kiri setang kemudi. Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport dengan tiga pilihan dari S1, S2 dan S3.

Di kelasnya, Honda CRF1000L Africa Twin menggunakan tangki bahan bakar berukuran besar atau bisa menampung sebanyak 18,8 liter BBM. Klaim Honda konsumsi bahan bakar bisa 21,8 km per liter (WMTC dengan mode DCT). [Ikh]


Komentar