Goodyear Lahirkan Ban Harian Berstandar Balap Share this
Workshop
Mode baca

Goodyear Lahirkan Ban Harian Berstandar Balap

Ary Dwinoviansyah
pada 17 Desember 2018

AKRON - Ban baru Goodyear bernama Eagle F1 SuperSport yang akan diluncurkan 2019 mengadopsi performa ban balap a la Formula 1, namun peruntukkan harian.

Pengembangan Goodyear terhadap ban balapnya tak berhenti di sirkuit saja. Racikan si karet bundar tersebut nyatanya juga bakal diaplikasi pada ban harian mereka. Debut ban harian berperforma tinggi itu pun dicanangkan mengaspal tahun depan.

Ada tiga varian ban yang ditawarkan Goodyear yakni Eagle F1 SuperSport, SuperSport R dan SuperSport RS di mana ketiganya merupakan ban Ultra Ultra High Performance (UUHP) Goodyear. Spesifikasi itu juga dimiliki ban balap Goodyear di arena Formula 1.

Ban tersebut diklaim mampu memberikan grip dan handling maksimal terhadap akselerasi si jet darat. Impresi itu bisa dirasakan pada ban ini, termasuk pula ketangguhan kinerjanya di sektor pengereman hingga melahap tikungan.

Ini lantaran Goodyear SuperSport punya konstruksi pattern lebar di bagian luar. Dampaknya adalah kontrol kemudi lebih mudah dan responsif. Ditunjang lagi sidewall super kaku, namun tanpa adanya mengorbankan unsur kenyamanan.

Goodyear Eagle F1 SuperSport 2019

Goodyear SuperSport merupakan tipe ban asimetris di mana pola pada bagian luar dirancang untuk trek kering. Sementara pada bagian tengah ke dalam untuk memaksimalkan kemampuan melibas genangan air. Struktur tersebut bisa ditemui pada ketiga model SuperSport yang dijadwalkan rilis pada periode Februari-November 2019.

Hanya saja Goodyear SuperSport tersedia untuk ukuran velg 18-21 inchi dengan lebar tapak dari 205-305 mm. Menurut pihak pabrikan, ban ini cocok digunakan supercar harian seperti Porsche 911 Turbo atau Volkswagen Golf GTI, BMW M3 hingga Mercedes-AMG C63.

Sementara itu, Goodyear Eagle F1 SuperSport R menyasar pemilik mobil yang lebih kencang lagi. Sebut saja Volkswagen Golf Club, BMW M4 CS dan Porsche 911 GT3. Ukuran yang disediakan juga sama dengan varian SuperSport.

Bagi konsumen pemburu spek ban F1 bisa memilih Eagle F1 SuperSport RS. Tapi, ban ini hanya dimaksimalkan untuk kebutuhan jalan kering dan ukurannya juga terbatas yaitu 265/35 ZR20 dan 325/30 ZR21. [Ary/Ari]


Komentar