Fitur Keselamatan Motor Kawasaki akan Lebih Joss Share this

Fitur Keselamatan Motor Kawasaki akan Lebih Joss

Indra Prabowo
pada 10 Januari 2020

TOKYO – Mulai 2021 motor-motor Kawasaki akan dibekali dengan Advanced Rider Assistance Systems (Sistem-sistem Bantuan Pengendara Canggih) yang dikembangkan oleh  Bosch.

Dengan begitu Kawasaki akan menjadi produsen motor Jepang yang pertama menggunakan ARAS, di mana terdiri dari ACC (adaptive cruise control), Forward Collision Warning (FCW) dan Blind-spot detection. Sistem-sistem tersebut berbasis pada ADAS (advanced driver assistance systems) yang lazim ditemukan di mobil.

ACC menyesuaikan kecepatan motor untuk menjaga jarak aman yang diperlukan dari kendaraan di depan. ACC memantau jarak ke kendaraan yang berada di depan dan melambat ketika jarak berikutnya dianggap tidak mencukupi; ketika lebih banyak ruang tersedia, ACC mempercepat laju motor untuk kembali ke kecepatan jelajah yang telah ditetapkan.

FCW akan memberi peringatan ke pengendara jika motor mendekati dengan cepat ke kendaraan-kendaraan di depannya. Jika pengendara tidak bereaksi, FCW akan memperingatkannya melalui sinyal akustik atau optik.

Blind-spot detection membantu pengendara ketika akan pindah jalur. Sistem akan memeriksa benda-benda yang berada di luar jangkauan penglihatan pengendara. Jika ada benda-benda berada di titik blind-spot maka system akan memberi peringatan secara optic via kaca spion samping. [Idr]

 

 

 

 


Komentar