BMW Motorrad Punya Lampu Rem Seperti Honda Twin Africa Share this

BMW Motorrad Punya Lampu Rem Seperti Honda Twin Africa

Ary Dwinoviansyah
pada 17 Juli 2018

MUNICH - BMW Motorrad menerapkan fitur baru terkait pengereman sebagai peringatan dini bagi pengendara di belakang.

Produsen sepedamotor berlomba-lomba melahirkan inovasi sebagai pendukung keselamatan bagi pembeli produk mereka. Salah satunya juga dilakukan BMW Motorrad yang kali ini menghadirkan fitur bernama Dynamic Brake Light.

Fitur tersebut akan bekerja dalam dua tahapan. Pada tahap pertama, lampu rem akan berkedip jika pengendara melakukan pengereman mendadak atau ketika motor dalam kondisi deselerasi pada kecepatan di atas 50 km/jam. Tahap kedua, lampu hazard bakal menyala apabila motor ada di kecepatan kurang dari 14 km/jam. Kedua lampu ini akan mati jika kecepatan motor sudah di atas 20 km/jam.

https://www.youtube.com/watch?v=tEkWOMfTego

Teknologi ini bisa didapatkan konsumen pada unit produksi 2016 seperti R 1200 GS, R 1200 GS Adventure dan S 1000 XR serta The K 1600 GT, GTL dan GTL. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pula line up BMW R Nine T akan disemati rem dinamis yang berkolaborasi dengan perangkat rem ABS Pro dari BMW Motorrad.

Meski begitu, BMW Motorrad bukan lah produsen pertama yang menerapkan fitur ini. Sebelumnya, Honda juga sudah mengaplikasinya pada Twin Africa. Secara umum, kinerjanya sama dan perbebedaannya terletak pada nama saja di mana Honda menamai teknologi ini dengan Emergency Stop Signal (ESS).

Beberapa prediksi mengatakan fitur ini akan populer di masa depan. Namun, peruntukkannya lebih tepat untuk sepedamotor berkapasitas mesin 1.000 cc ke atas. Peringatan dini ini bisa sangat membantu untuk pengendara sepedamotor di belakang yang memiliki kapasitas lebih kecil. [Ary/Ari]


Komentar