Berbahaya, Bullbars Dilarang di India Share this
Aksesoris
Mode baca

Berbahaya, Bullbars Dilarang di India

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 20 Desember 2017

Foto: Pemerintah India larang penggunaan bullbars

NEW DELHI - Kementerian Transportasi dan Jalan Raya India melarang penggunaan bullbars atau palang bumper tambahan untuk setiap kendaraan yang beredar. Larangan itu tertuang dalam undang-undang kendaraan bermotor Bagian 52 tahun 1988.

Mobil dan kendaraan di India sebagian besar telah dilengkapi dengan bullbars yang merupakan salah satu strategi penjualan dari produsen kendaraan. Namun, meski pelarang sudah lama, masih ada pemilik mobil membandel menggunakan komponen tersebut.

Aksesori itu memang memiliki banyak fungsi yaitu membuat tampilan mobil lebih gagah, melindungi bagian depan mobil. Namun, nyatanya aksesori ini juga dapat mengurangi efektifitas fitur keselamatan dan rangka mobil.

Bullbars dapat mengurangi fungsi dari airbag karena sensor yang ada pada bagian depan mobil terhalang oleh aksesori tersebut. Sehingga ketika terjadi benturan atau tabrakan, airbag tidak efektif bekerja.

Selain berbahaya bagi mobil, pengemudi dan penumpang, bullbars ini juga dinilai sangat berpotensi meningkatkan risiko cedera pejalan kaki dan penghuni kendaraan lain jika terjadi kecelakaan.

Jika ada yang melanggar, maka konsumen akan dikenakan tindakan tegas layaknya penggunaan barang illegal. Pemerintah India juga telah menyatakan bahwa penggunaan bullbars merupakan bentuk kejahatan pemilik mobil. [Amo/Ikh]

Sumber: Autocar India


Komentar