Ban Radial IRC RMC810 Akan Diproduksi Anak Bangsa Share this
Workshop
Mode baca

Ban Radial IRC RMC810 Akan Diproduksi Anak Bangsa

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 06 Juni 2018

JAKARTA - Ban radial, IRC RMC810 bakal diproduksi anak bangsa mulai tahun depan melalui fasilitas produksi terbaru.

Akhir pekan lalu, IRC baru saja menambah pilihan dari IRC RMC810. Selain menghadirkan lima ukuran baru, ban ini juga didesain dengan spesifikasi tertinggi yaitu ZR Rating. Keberadaan unit tersebut juga melengkapi varian IRC RMC810 yang sebelumnya juga sudah dirilis dengan H Rating.

Pihak PT Gajah Tunggal Tbk juga sempat mengungkap kemungkinan ban tersebut diproduksi di Indonesia. Akhirnya, pada saat perkenalan IRC RMC810 ZR Rating kali itu mereka mengumbar kepastiannya.

"Sudah pasti kami akan develop sendiri ban radial ini di Indonesia. Produksinya akan ada di pabrik baru yang masih satu kawasan dengan proving ground di Karawang, Jawa Barat," ungkap Dodiyanto, Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC.

Fans berat penyanyi Via Vallen ini juga menyebut fasilitas hasil usaha patungan PT Gajah Tunggal Tbk dan IRC Tire Jepang saat ini sedang dalam pembangunan. Rencana tercepatnya, produksi ban radial di lokasi tersebut akan berjalan 2019 mendatang.

"Dengan kami produksi di sini pasti harganya akan jauh lebih murah. Sekarang saja yang impor dari Jepang selisihnya Rp 500-600 ribu dengan kompetitor. Apalagi nanti dan pastinya dengan kualitas produksi yang sama," lanjut Dodi lagi.

Untuk jangka pendek, fasilitas produksi yang menempati salah satu area dari lahan seluas 65 hektar itu akan fokus menggarap ban radial. Tentu saja tidak hanya untuk pasar Indonesia, melainkan pasar untuk ekspor.

Ban radial yang ditawarkan IRC ini memang peruntukkan motorsport. Hal ini tak lepas dari peningkatan penjualannya di Tanah Air. Di kuartal 1 2018 lalu persentasenya meningkat 6,22% dari periode serupa pada tahun lalu.

IRC yakin ban mereka bisa diserap dengan baik oleh pemilik motorsport 150c hingga 250cc ke atas. Apalagi, IRC RMC810 (ukuran baru) didesain agar memenuhi speed rating teratas yaitu ZR Rating. Dengan begitu, ban ini bisa diajak ngebut hingga kecepatan 270 km/jam. [Ary/Ari]


Komentar