Atenk Modifikasi Royal Enfield Anak Jokowi Share this
Modifikasi
Mode baca

Atenk Modifikasi Royal Enfield Anak Jokowi

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 22 Juli 2018

JAKARTA - Motor modifikasi Ghibran Rakabuming Raka, anak presiden Republik Indonesia Joko Widodo, mencuri perhatian banyak pengunjung di Otobursa Tumplek Blek 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Otobursa Tumplek Blek 2018 juga menjadi wadah bagi pecinta modifikasi mencari referensi. Termasuk pula yang ditampilkan Katros Garage berikut ini. Apalagi, salah satu motor kustom yang hadir di lapaknya adalah milik Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Sebenarnya, Andi Akbar selaku pemilik Katros Garage berencana melakukan serah terima dengan Ghibran di acara ini. Tapi, Ia mengatakan sang pemilik berhalangan hadir. Meski begitu, kehadiran Royal Enfield Classic 500 berwarna hijau ini sukses menyedot perhatian pengunjung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tentu saja bukan sekedar motor ini milik anak nomor 1 di Indonesia. Melainkan pula karena konsep modifikasinya yang rapi. Walaupun masih mempertahankan karakter klasik, Atenk tetap memberikan sentuhan modern pada motor tersebut.

"Tidak terlalu banyak yang diubah karena maunya sederhana, hanya ganti ban menjadi dual purpose, jok, fender depan-belakang, mengganti lampu-lampu, knalpot free flow dan setang model club man," kata pria yang akrab disapa Atenk itu.

Lampu utama dan belakang sudah menganut LED. Bahkan untuk lampu belakang dibuat menyatu antara lampu rem dan sein.

Tapi, ada pula bagian yang cukup menyulitkan bagi Atenk untuk menyempurnakan kreasinya ini.

"Saya mau jok tunggal ini lebih turun. Salah satu caranya yaitu mencopot dua spring di bawah joknya. Tapi, buat menunjangnya kami mengganti dengan swing arm yang lebih panjang 3 cm. Tujuannya juga supaya shock belakang lebih tidur (miring)," paparnya lagi.

Walhasil, Ghibran puas dengan hasil akhirnya. Walaupun, motornya ini mendekam 1,5 bulan di kandang mereka di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan. Pastinya modifikasi ini bisa menjadi inspirasi bagi pemilik Classic 500 yang mau tampil beda. [Ary/Idr]

Lebih lanjut di Otospirit
Atenk Modifikasi Royal Enfield Anak Jokowi


Komentar