All-new Yamaha YZF-R125 2019 Lebih Tajam Share this
Motor Baru
Mode baca

All-new Yamaha YZF-R125 2019 Lebih Tajam

Indra Prabowo
pada 03 Oktober 2018

COLOGNE — All-new Yamaha YZF-R125 2019 dikenalkan oleh Yamaha Motor Europe. Mesin 1-silinder 125cc SOHC berpendingan zat cari Yamaha YZF-R125 2019 telah didesain ulang untuk mendapatkan torsi dan tenaga lebih besar dan lebih irit BBM (bahan bakar minyak).

Salah satu teknologi baru yang ditampilkan adalah Variable Valve Actuation system (VVA) yang mengoptimalkan posisi katup dalam kaitannya dengan rpm mesin. Dengan memberikan sentuhan 'ciamik' untuk katup inlet dan buang pada semua kecepatan mesin, VVA memungkinkan pengendara mereguk torsi lebih kuat untuk akselerasi lebih baik dari rpm rendah ke menengah, dikombinasikan dengan kinerja lebih kuat pada kecepatan lebih tinggi.

Mesin baru juga mendapat manfaat dari sistem injeksi bahan bakar yang didesain ulang dengan throttle body lebih luas sehingga memberikan feeling lebih halus untuk handling lebih baik. Sistem pendingin turut direvisi yang mengurangi waktu pemanasan mesin dan meningkatkan efisiensi pendinginan pada temperatur mesin yang lebih tinggi -

dan peningkatan efisiensi pendinginan ini memungkinkan pemasangan radiator yang lebih ringan dan lebih kecil.

Seiring dengan sistem VVA, Yamaha Motor memasang kepala silinder 4-katup yang benar-benar baru. Ruang bakar pun telah dikecilkan yang menghasilkan tingkat efisiensi pembakaran jauh lebih tinggi yang berkontribusi terhadap penyebaran tenaga lebih luas dan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Ini juga berkontribusi untuk menghasilkan suara knalpot lebih emosional.

Mesin Yamaha YZF-R125 2019 yang menggandeng transmisi 6-speed ini memuntahkan tenaga 15 PS pada 10.000 rpm dan torsi 11,2 Nm pada 8.000 rpm. Konsumsi BBM Yamaha YZF-R125 2019 diklaim oleh Yamaha 46,95 km/liter.

Cubitan-cubitan lain yang diberikan oleh Yamaha Motor berupa rangka Deltabox, swingarm alumunium, twin-eye headlights LED, tangki BBM, lampu belakang 12-LED, kokpit yang terinspirasi Yamaha M1 MotoGP, Assist & Slipper clutch yang lebih ringan dan tajam, posisi berkendara, dan lain-lain.

Dari sisi pengereman diklaim lebih kuat dengan revisi brake hose layout dan kaliper belakang dengan pads berspesifikasi berbeda.

Yamaha Motor Europe akan menjual Yamaha YZF-R125 pada awal 2019. Pilihan warnanya Yamaha Blue, Tech Black, dan Competition White. [Idr]

Lebih lanjut di Otospirit
All-new Yamaha YZF-R125 2019 Lebih Tajam


Komentar