7 Tempat Berselancar Terbaik di Indonesia Share this
Hangout
Mode baca

7 Tempat Berselancar Terbaik di Indonesia

Denny Basudewa
pada 13 Mei 2018

Foto: Tempat berselancar di Indonesia

JAKARTA – Banyak pantai di Indonesia yang menawarkan pilihan ombak kelas dunia. Maka tidak heran banyak banyak pelancong dari mancanegara yang datang ke Tanah Air, untuk berselancar.

Walaupun berselancar dapat dilakukan sepanjang tahun, tetapi gelombang besar dari arah selatan Samudera Hindia menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk berselancar di Indonesia adalah antara April hingga Oktober.

Anda yang gemar memacu adrenalin tentu saja menginginkan spot terbaik untuk berselancar. Jadi siapkan papan selancar terbaik Anda, cari tiket pesawat murah ke salah satu tempat selancar terbaik dan berlatih dengan giat. Kami akan menentukan beberapa spot pilihan bagi Anda yang gemar “mengalahkan” ombak.

  1. Seavibes Villa – Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Jawa Barat tidak hanya punya Ciwidey sebagai destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Provinsi ini punya beragam destinasi yang atraktif. Salah satunya Pelabuhan Ratu. Wilayah yang terpilih sebagai salah satu lokasi Asian Games 2018 ini dianggap seksi karena memiliki ombak “kelas dunia”.

Di sini, tersedia vila denga akses langsung ke pantai dan memiliki panorama pantai yang indah sehingga Anda dapat menikmati sunset sambil menyaksikan para peselancar profesional beraksi sembari bersantai.

Berselancar Tempat berselancar di Indonesia

  1. Bungalo Mewah di Bruce's Hideout – Lombok, NTB.

Bungalo ini terletak di wilayah Mandalika, Lombok, yang terkenal sebagai lokasi selancar terbaik di dunia. Persis berada di pinggir pantai sehingga Anda dapat melihat peselancar, laut, dan matahari tenggelam sembari bersantai di hammock.

  1. Asu Camp – Nias, Sumatera.

Nias jadi salah satu destinasi yang dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai surganya para surfer. Tempat ini terkenal karena memiliki lokasi ombak kelas dunia pertama yang ditemukan di pesisir Sumatera. Bungalo di Asu Camp bisa jadi tujuan Anda di Nias. Wilayah ini terletak di sebuah pulau kecil yaitu Pulau Hinako yang memiliki pantai luar biasa indah, jauh dari keramaian dan dengan lokasi selancar terbaik di dunia persis di depan bungalo.

  1. Pantai Plengkung - Banyuwangi

Tak usah jauh-jauh ke Hawaii untuk mencoba ombak terbaik di dunia, Pantai Plengkung di Banyuwangi memiliki ombak yang ganas dan pastinya memacu hormon adrenalin Anda. Terletak sekitar 20 kilometer dari Desa Grajagan, Banyuwangi, Pantai Plengkung dikenal di kalangan surfer sebagai G-Land. Pantai ini memiliki ombak setinggi enam hingga delapan meter dengan panjang hingga dua kilometer.

Pantai dengan ombak terbaik kedua di dunia ini juga menjadi tempat untuk lomba surfing tingkat Internasional “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Negara-negara seperti Amerika, Australia, Inggris, Indonesia, Prancis, dan Selandia Baru mengirimkan pesertanya untuk menaklukkan ombak Pantai Plengkung untuk menjadi negara terbaik di kompetisi selancar.

  1. Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan - Bali

Selain menjadi tempat wisata favorit di dunia, Bali juga menjadi destinasi utama para penyuka olahraga air. Ada dua tempat yang diincar para peselancar dunia yaitu Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Para peselancar yang datang ke dua tempat ini akan mencari spot tersendiri agar bisa menikmati ombak laut tanpa gangguan orang lain. Suasana Bali yang indah dan ramah untuk para wisatawan mancanegara membuat dua tempat ini jadi favorit para peselancar dunia.

  1. Pantai Nihiwatu, Pulau Sumba - Nusa Tenggara Timur

Bergeser ke arah timur, Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu tempat selancar terbaik di dunia. Terletak di Pulau Sumba, Pantai Nihiwatu masuk pada 17 besar sebagai Pantai untuk berselancar terbaik di dunia versi Surfing Magazine.

Terkenal dengan arusnya yang kuat, pantai sepanjang 2,5 kilometer ini terasa sangat sepi untuk para wisatawan. Sebaliknya para peselancar menjadikan Pantai Nihiwatu sebagai tempat selancar favorit karena memiliki gelombang sangat besar yang terkenal dengan nama God's Left.

Dalam melakukan atraksi berselancar dipantai ini, Anda harus mentaati peraturan yang ada. Setiap seassionnya hanya sembilan orang yang diperbolehkan untuk melakukan olahraga selancar secara bersamaan.

  1. Pantai Sipora, Mentawai - Sumatera Barat.

Untuk yang tinggal di Pulau Sumatera, Anda juga akan menemukan salah satu tempat terbaik di dunia untuk berselancar. Kepulauan Mentawai menjadi destinasi para penggemar olahraga selancar dari Indonesia maupun Mancanegara.

Gugusan Kepulauan Mentawai memiliki rangkaian pulau seperti Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Selatan. Dari rangkaian Pulau itu, Pantai Sipora identik sebagai Pantai untuk berselancar kelas dunia. Di tempat ini, Anda dapat menemukan Hollow Tress dan Lance'S Left yang memiliki ombak berbentuk silinder. Manuver untuk 'mengendalikan' ombak ini dikenal dengan sebutan Right Tube yang selama satu dawarsa ini sering muncul di video, majalah maupun berita online selancar dunia. [Dew/Ari]


Komentar