11 Lokasi Wisata untuk Liburan Share this
Hangout
Mode baca

11 Lokasi Wisata untuk Liburan

Denny Basudewa
pada 30 Desember 2016

Foto: Lokasi Wisata untuk Liburan

JAKARTA – Tahun 2016 akan segera berakhir dan libur panjang terasa sayang untuk dilewatkan. Apalagi bertepatan dengan hari libur anak sekolah.

Bagi OS Lovers yang belum menentukan tujuan liburan, berikut kami sampaikan beberapa daftar tempat-tempat menarik dalam negeri. Lokasi-lokasinya pun tak begitu jauh dari Jakarta. Seperti diketahui, Indonesia memiliki pesona alam yang tidak kalah mengagumkan dibandingkan negara lain.

Pantai Carita, Banten Pantai Carita, Banten

Pantai Carita, Banten

Banten merupakan propinsi paling barat di Pulau Jawa. Berdekatan dengan Ibukota Jakarta tidak membuat kehilangan pamor sebagai destinasi liburan. Terletak di pesisir pantai, Banten menawarkan banyak wisata tepi laut tersebut.

Mulai dari Pantai Carita, Sawarna, Tanjung Lesung, Tanjung Layar, Karang Bolong, Pulau Umang, Anyer, dan Tanjung Pasir. Banten juga memiliki beberapa situs bersejarah namun sayangnya beberapa lokasi sudah tidak terawat. Namun jangan khawatir, beberapa penganan dapat mengobati rasa kecewa OS Lovers.

Makanan seperti Kue Cucur, Pasung Merah, Angeun Lada, Balok Menes, Laksa, Sate Bandeng, Sate bebek, Rabeg Banten, Nasi Sum-sum, dan Ketan Bintul. Semua makanan tersebut dijamin membuat liburan OS Lovers semakin berkesan.

Situ Patenggang, Bandung Situ Patenggang, Bandung

Situ Patenggang, Bandung

Kota Kembang menjadi destinasi bagi sebagian masyarakat, karena menyimpan begitu banyak pilihan baik pegunungan hingga kuliner khas. Berada di dataran tinggi, Bandung bisa dibilang di kelilingi dengan wisata alam indah nan sejuk.

Jika OS Lover mencari lokasi wisata yang menawarkan pesona alam, Anda dapat mengunjungi beberapa points of interest seperti Situ Patenggang, Kawah Putih, Tangkuban Perahu, dan curug Dago.

Bandung juga dikenal sebagai kota dengan arsitektur terbaik. Beberapa bangunan peninggalan jaman Belanda masih kokoh berdiri. Kawasan Braga, Gedung Sate, Museum Geologi, dan Teropong Bintang Bosscha contohnya.

Bandung juga dikenal memiliki berbagai taman kota nan cantik. Kearifan lokal yang masih sangat terjaga di kota Kembang menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis baik domestik maupun mancanegara.

Darajat Pass, Garut Darajat Pass, Garut

Darajat Pass, Garut

Beranjak dari Bandung menuju Garut hanya membutuhkan waktu 2 jam dalam keadaan normal. Garut sendiri merupakan alternatif wisata yang tidak kalah menarik. Jika mengunjungi Garut jangan lupa menyempatkan diri bersama keluarga ke lokasi wisata Darajat Pass.

Selain itu, Garut juga terkenal dengan situs-situs bersejarah seperti Candi Cangkuang, Situ Bagendit, Batu Tumpang dan Pasulukan Loka Gandasasmita. Bagi OS Lovers yang gemar pergi ke pantai, Garut menawarkan beberapa lokasi seperti Pantai Ranca Buaya, Puncak Guha, Santolo, dan Sayang Heulang.

Kota ini juga dikelilingi dengan wisata pegunungan seperti Gunung Papandayan, Cikuray, Guntur, dan dataran tinggi Talaga Bodas, Curug Citiis.

Taman Sari Gua Sunyaragi, Cirebon Taman Sari Gua Sunyaragi, Cirebon (Dok. Pintu Wisata)

Taman Sari Gua Sunyaragi, Cirebon

Kota ini berbatasan dengan Jawa Tengah, selain itu Cirebon juga menjadi akses transportasi di Pulau Jawa. Kota berjuluk Udang ini menawarkan wisata religi dan peninggalan bersejarah seperti Taman Sari Gua Sunyaragi.

Selain itu Anda bisa menikmati Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan , Makan Sunan Gunung Jati. Cirebon juga terkenal dengan wisata kuliner yang khas seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, dan Tahu Gejrot. Pintu Wisata

Lawang Sewu, Semarang Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu, Semarang

Kota yang terkenal dengan penganan Lumpia ini menawarkan sejumlah wisata bersejarah dan makanan enak. OS Lovers dapat mengunjungi Lawang Sewu yang terkenal dengan cerita mistisnya.

Adapun Anda juga dapat melihat koleksi rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI). Jika OS Lovers berkunjung ke Semarang, jangan lupa mencicipi Bandeng Presto, Lumpia, Nasi Bangkong, Sego Ayam, Es Krim Oen, Gudeg dan Opor Mbak Tum, Nasi goreng Babat hingga Tahu Gimbal.

Goa Pindul, Yogyakarta Goa Pindul, Yogyakarta

Goa Pindul, Yogyakarta

Kota satu ini menawarkan banyak pilihan tempat wisata baik pantai maupun pegunungan. Jika OS Lovers berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Goa Pindul di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selain banyak tempat bersejarah, Yogyakarta juga memiliki warisan penganan khas seperti gudeg, Angkringan, Sate Klatak dan nasi pecel. Berbagai destinasi di Jogja juga kerap digunakan sebagai latar film seperti Punthuk Setumbu, Kopi Joss, Menara Ayam dan masih banyak lagi.

Serabi Notosuman, Surakarta Serabi Notosuman, Surakarta

Serabi Notosuman, Surakarta

Mampir di Kota kelahiran Presiden Indonesia ketujuh ini cukup bersahabat bagi para wisatawan. Budaya timur masih kental terasa hampir di seluruh wilayah Solo. Letaknya yang berdekatan dengan Yogyakarta membuat makanan khas daerah Solo mirip-mirip.

Namun mereka mempunyai beberapa sajian khas seperti Serabi Notosuman, Soto Gading, Tengkleng, Selat, Sate Buntel, Es Gempol dan Nasi Liwet. Solo juga dikenal akan kerajinan batik, baik tulis maupun cap.

Umbul Ponggok, Klaten Umbul Ponggok, Klaten

Umbul Ponggok, Klaten

Meskipun merupakan kota kecil, Klaten menyimpan berbagai tempat wisata alam yang mengagumkan. Tempat wisata air Umbul Ponggok contohnya. Meskipun merupakan kolam buatan, tempat ini dialiri mata air asli pegunungan.

Di tempat ini, wisatawan bisa berfoto di dalam air dengan properti seperti motor, sepeda dan masih banyak lagi. OS Lover yang mencari tempat unik untuk foto prewedding, Umbul Ponggok bisa menjadi salah satunya.

Telaga Sarangan, Magetan Telaga Sarangan, Magetan

Telaga Sarangan, Magetan

Magetan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kota kecil ini menawarkan tempat wisata yang indah seperti Telaga Sarangan. Tempat berwujud sebuah bejana besar ini menyajikan pemandangan alam nan asri.

Lokasi wisata tersebut terletak di kaki Gunung Lawu. Jika OS Lover mencoba berkunjung ke Sarangan, jangan lupa untuk mencicipi sate Kelinci.

Batu Secret Zoo, Jawa Timur Batu Secret Zoo, Jawa Timur (dok. wisataterbaru.com)

Batu Secret Zoo, Jawa Timur

Ketika berkunjung ke Jawa Timur tidak lengkap rasanya jika Anda bersama keluarga tidak berkunjung ke Batu Secret Zoo yang berlokasi di Kota Batu. Kebun binatang modern yang merupakan bagian dari Jatim Park 2 ini memiliki lahan luas dan beraneka ragam satwa liar.

Omah Kayu Omah Kayu (Dok. sobatpetualang.com)

Omah Kayu

Omah Kayu

Masih di Jawa Timur. Anda bersama keluarga bisa menginap Omah Kayu. Tempat penginapan ini didesain sangat unik karena konsepnya mirip rumah pohon. Tempat ini cukup hits di mana kita bisa menyaksikan pemandangan area persawahan dari ketinggian. Harga menginap di sini Rp 250 - Rp 300 ribu per malamnya. [Dew/Ikh]


Komentar