6 Destinasi Wisata Wajib di Tasikmalaya bagi Petualang Share this
Hangout
Mode baca

6 Destinasi Wisata Wajib di Tasikmalaya bagi Petualang

Denny Basudewa
pada 19 Agustus 2018

Foto: Curug Dengdeng

JAKARTA – Tasikmalaya menyuguhkan keindahan alam yang mengundang para pelancong, baik sekedar melepas penat maupun mencoba olahraga ekstrem sekalipun.

Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah yang terkenal dengan kuliner Nusantara. Sebut saja Tutug Oncom, Nasi Cikur, Bubur Ayam dan masih banyak lagi. Namun sebagai kota kecil yang terletak di Jawa bagian Barat ini tidak hanya menyajikan kuliner khas.

Tasikmalaya menjadi salah satu kota yang kerap menjadi buruan para wisatawan untuk berkunjung. Di Era digital saat ini, Tasikmalaya menjelma menjadi kota yang menawarkan sejumlah tempat wisata unik dan tentunya instagramable.

Curug Dengdeng

Tasikmalaya Curug Dengdeng

Ketika Anda melangkahkan kaki ke destinasi wisata satu ini, mungkin sejenak merasa seperti sedang berada di Pulau Dewata. Hal tersebut karena destinasi wisata ini memiliki sawah dengan sistem pengairan terasering, persis seperti di Bali.

Destinasi wisata yang berada di kawasan Desa Tawang ini menyajikan pemandangan indah dan sangat breathtaking. Berlibur ke tempat ini seakan menghilangkan rasa penat Anda akan tumpukan pekerjaan yang tidak ada habisnya.

Derasnya aliran air dari terasering tersebut berhulu pada sungai di Gunung Raja, Anda akan melihat betapa jernihnya air gunung tersebut. Di dalam gunung tersebut, terdapat curug indah yang masih tersembunyi yaitu Curug Dengdeng. Membutuhkan sedikit usaha keras untuk menuju destinasi ini, tetapi usaha Anda terbayarkan dengan keindahan yang diberikan oleh Curug Dengdeng.

Jembatan Akar Santoaan

Tasikmalaya Jembatan Akar

Berbagai daerah di Indonesia, sekarang telah beralih menjadi tempat yang digilai para pengunjung, terlebih untuk para selebgram. Salah satu destinasi wisata di Tasikmalaya yang paling instaworthy adalah Jembatan Akar Santoaan.

Jembatan tersebut sangat unik karena terbentuk dari dua pohon yang dipisahkan oleh Sungai Santoaan di kawasan Gunung Galunggung. Jembatan alami ini dapat Anda nikmati dengan perjuangan yang agak panjang karena memerlukan waktu cukup lama untuk menuju ke sana. Jembatan nan indah ini melayang di atas derasnya sungai, dan hal tersebut menambah keindahan Jembatan Akar Santoaan.

Wisata Gunung Galunggung

Tasikmalaya Gunung Galunggung

Kawasan Gunung Galunggung tak henti untuk menyajikan Anda pemandangan terbaik, ketika Anda sedang melancong ke Tasikmalaya. Selain kawasannya yang telah memberikan indahnya Jembatan Akar Santoaan, kali ini kawasan tersebut memberikan sajian megahnya yaitu Gunung Galunggung.

Berwisata di tempat ini, pengunjung dapat merasakan hawa sejuk yang sekejap akan menenangkan pikiran Anda. Bila masih merasa kurang untuk merasakan nikmatnya pemandangan di kawasan wisata ini, Anda dapat mengunjungi gardu pandang untuk menikmati pemandangan secara maksimal. Paduan hijaunya hutan dan birunya langit, menghibur mata Anda di kawasan Wisata Gunung Galunggung ini.

Danau Lemona

Tasikmalaya Danau Lemona

Walaupun hanya danau buatan, Danau Lemona ini juga tak kalah indah untuk dinikmati sebagai destinasi wisata air. Lokasi tersebut selain menghibur mata Anda, di sini Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas, salah satunya adalah bersantap siang bersama keluarga.

Terdapat beberapa saung yang disediakan khusus untuk para pengunjung. Uniknya, untuk menuju saung tersebut Anda harus menyusuri jembatan gantung yang terbuat dari bambu. Jika Anda tidak ingin menyeberangi jembatan tersebut, Anda dapat menggunakan perahu sebagai moda transportasi untuk menuju saung tempat Anda bersantap bersama keluarga.

Tonjong Canyon Cipajutah

Tasikmalaya Tonjong Canyon Cipajutah

Bagi Anda yang belum sempat mengunjungi Green Canyon, mungkin Tonjong Canyong Cipajutah dapat menjadi pilihan alternatif untuk menjawab keinginan pelancong. Destinasi wisata ini didominasi oleh tebing berbatu dan ditambah elemen air berbentuk aliran sungai Tonjong teramat tenang.

Hal ini membuat Tonjong Canyon Cipatujah, menjadi sebuah wadah ketenangan bagi Anda. Pengunjung dapat menjelajahi kawasan ini dengan trekking, sebagai kegiatan mencari keindahan alam di sini. Selain itu Anda juga dapat berenang di ngarai dengan air yang sangat jernih dan menyegarkan.

Taman Wisata Karang Resik

Tasikmalaya Rumah Hobbit di Taman Resik

Bila Anda memilih untuk tidak melancong terlalu jauh dari kota pusat kota, Taman Wisata Karang Resik adalah jawabannya. Taman seluas 32 hektar ini menyajikan konsep wisata alam yang berada di tengah padatnya kota Tasikmalaya.

Selain itu Anda juga dapat menikmati berbagai atraksi dan wisata edukasi yang cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Yang paling menarik dari destinasi ini adalah terdapat rumah Hobbit yang sangat khas dan menjadi pusat perhatian publik sebagai spot instagramable.

Pergilah ke beberapa destinasi wisata yang ada di dalam daftar artikel ini, dengan pemandu Anda agar perjalanan ke Tasikmalaya menjadi lebih sahih. Sekarang saatnya cek kalender Anda, tentukan waktu liburan, dan cari tiket bus untuk moda perjalanan Anda ke kota Priangan Timur ini. [Dew/Ari]


Komentar