Yang Harus Diketahui Soal 3 Pembalap Teratas MotoGP Jerman 2017 Share this
MotoGP
Mode baca

Yang Harus Diketahui Soal 3 Pembalap Teratas MotoGP Jerman 2017

Denny Basudewa
pada 03 Juli 2017

Foto: MotoGP Jerman 2017

SACHSENRING – Marc Marquez, Jonas Folger dan Dani Pedrosa finish di podium MotoGP Jerman 2017. Kok bisa?

Keberhasilan mereka terntara buah dari penggunaan ban medium pada bagian belakang. Menjalani balapan di Sirkuit Sachsenring yang terkenal dengan karakter pendek-pendek, para pembalap harus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah sepanjang akhir pekan. Selain itu para pembalap juga harus berkenalan dengan aspal baru sirkuit.

Sesi latihan bebas para pembalap berjibaku dengan guyuran hujan pada pagi hari waktu setempat. Kemudian siang harinya cuaca kembali cerah dan sirkuit mengering. Kondisi serupa juga tidak berbeda jauh pada saat sesi kualifikasi.

Kemudian muncul pertanyaan ban jenis apa yang harus mereka gunakan pada saat balapan nantinya. Pihak Michelin sendiri menyediakan emapt jenis ban guna menghadapi aspal baru sirkuit. Sesaat sebelum lomba dimulai, Race Direction menyatakan balapan dimulai dengan kondisi kering.

Meskipun dinyatakan kering, beberapa pembalap menentukan pilihan ban yang berbeda-beda untuk MotoGP Jerman 2017. Tiga pembalap yang berhasil finish terdepan menggunakan ban belakang dengan kompon medium. Pilihan ini dianggap paling tepat karena ketiganya mendominasi jalannya lomba.

Marquez mengatakan dirinya lebih nyaman dengan ban kompon medium. Keputusan tersebut baru diambilnya pada Minggu pagi jelang lomba. Dengan karakter membalap agresif, pembalap berjuluk The Baby Alien ini berhasil memenangkan balapan dengan cukup mudah.

“Jelang akhir pekan, saya mencoba semua kompon ban dan yang menjadi pertanyaan besar saya mana yang bisa membuat saya paling cepat. Saya mencoba sepuluh putaran dengan ban soft, karena saya percaya dengan kompon itu. Tapi sesaat sebelum lomba, saya merasa cukup cepat untuk meraih kemenangan. Saya tidak mau membuat keputusan bodoh untuk memilih ban soft kemudian menderita di akhir balapan,” ujar Marquez.

Pedrosa menggunakan ban depan dan belakang medium mampu memberikannya kenyamanan pada saat balapan. Meskipun dirinya tidak mampu bersaing dengan dua pembalap di depannya, The Little Spaniard tetap tidak bisa didekati oleh duo Yamaha pabrikan.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi pada saya saat balapan berlangsung karena pagi ini saya menggunakan ban bekas kemarin. Saya bisa tampil lebih cepat pada awal balapan namun ban belakang terus menerus kehilangan grip dan mengalami gejala spinning terus menerus,” ujar Pedrosa.

Sementara Folger yang berhasil memberikan perlawanan pada Marquez juga termasuk pembalap yang menggunakan ban kompon medium. Sebagai tuan rumah, Ia tampil mengejutkan semua pihak karena berstatus pembalap rookie dan pemula di arena MotoGP.

“Saya tidak merasa yakin pada awalnya. Saya hanya merasa nyaman dengan kompon medium. Padahal normalnya kami memilih ban lebih lembut dari pembalap Honda. Saya pikir ini (ban kompon medium) merupakan pilihan terbaik saya karena bisa memberikan grip lebih banyak pada saat balapan,” jelas Folger. [Dew/Ikh]

Sumber: Crash.net


Komentar