Toyota Sukses 'Cetak' 10 Juta Mobil di Eropa Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Sukses 'Cetak' 10 Juta Mobil di Eropa

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 05 Mei 2016

Foto: Proving ground milik Toyota di Eropa

BRUSSELS - Toyota merayakan 10 juta unit produksi di Eropa bulan lalu. Keberadaan mobil-mobil Toyota di Eropa semakin diakui selama ini, dan menjadi menjadi tonggak sejarah perusahaan.

Total 10 juta telah diproduksi enam pabrik mobil dan tiga pabrik mesin yang tersebar di beberapa negara seperti Turki, Prancis, Polandia, Rusia, Republik Czech, Protugal dan satu pabrik letaknya di Amerika Serikat sebagai suplier komponen.

Mobil Toyota produksi pertama di Eropa adalah salah satu sedan terlaris Toyota yaitu Corolla. Dalam proses produksi, di mana semua komponen kendaraan tersebut masih dalam bentuk terpisah (complete knock-down/CKD) didatangkan ke pabrik perakitan Toyota Salvador Caetano di Ovar, Portugal.

Pabrik yang mulai produksi pada tahun 1971 itu juga sampai saat ini masih beroperasi dan kini merakit Land Cruiser dan diekspor ke Afrika Selatan.

Produksi massal skala penuh dimulai di Inggris pada tahun 1992, tidak hanya satu tapi dari dua pabrik, mesinnya didatangkan termasuk dari pabrik Toyota di Deeside, Wales. Sementara itu mobil yang diproduksi secara massal pertama di Eropa adalah Toyota C-HR di Toyota Motor Manufacturing Turkey pada akhir tahun ini.

"Detak jantung Toyota adalah di bidang manufaktur, dan ribuan karyawan kami di Eropa sangat bangga telah berhasil mencapai produksi ke-10 juta mobil di Eropa," kata Johan van Zyl, Presiden dan CEO Toyota Motor Eropa.

Pabrik Toyota di Eropa telah membangun banyak model mobil seperti sedan dan wagon Avensis, hatchback Auris, dan Auris Touring Sports termasuk Auris hybrid di pabrik Burnaston di Derbyshire.

Kisah sukses Toyota Eropa semakin diakui ketika berhasil mengekspor kendaraan ke Amerika Utara bahkan Jepang. Toyota Eropa berharap produksi mobil secara keseluruhan di Eropa meningkat 20%. [Ikh/Idr]


Komentar