Toyota Mirai Generasi Kedua Siap Diproduksi Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Mirai Generasi Kedua Siap Diproduksi

Ahmad  Richad
pada 17 Januari 2020

BRUSSELS - Toyota baru saja merilis foto pra-produksi mobil sedan Mirai generasi keduanya yang memperlihatkan desain mobil Mirai, kabarnya akan segera diproduksi pada akhir tahun 2020 ini.

Desain mobil Mirai ini tidak jauh berbeda sejak Toyota memperkenalkannya pada gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 lalu. Hanya saja Toyota lebih mendetail kan tentang spesifikasinya, seperti daya tampung tangki bahan bakar dan kemampuan jelajah mobil ini.

Toyota mengklaim Mirai generasi ini mampu menjelajah hingga 30 persen lebih jauh dari yang sebelumnya. Tidak hanya itu, Toyota juga mengklaim jarak jelajah mobil ini bisa mencapai 500 km dalam sekali pengisian bahan hidrogen secara penuh.

“Dengan kemampuan Mirai yang baru, kami mencoba membangun keterikatan emosional konsumen melalui desain dan performa responsifnya. Nantinya konsumen bisa mengatakan saya memilih Mirai bukan hanya karena FCEV, tetapi karena hanya menginginkan mobil ini,” kata Yoshikazu Tanaka, Chief Engineer The New Mirai. 

Adapun peningkatan yang diberikan untuk mobil ini, berasal dari pembaruan teknologi sel bahan bakar hidrogennya. Selain itu, Toyota juga menyematkan tiga buah tangki bahan bakar hidrogen. Terdiri dari satu tangki utama berukuran besar dan dua buah tangki tambahan berukuran lebih kecil.

Beralih ke interior, salah satu daya tarik yang diberikan Toyota adalah layar sentuh berukuran 12,3 inci. Bertengger di konsol tengah dan bisa dibilang tampak menyatu dengan panel instrumennya.

Dan untuk diketahui, perbedaan antara Mirai generasi pertama dan kedua ini adalah jumlah penumpang. Untuk Mirai generasi kedua akan berkapasitas lima penumpang dari sebelumnya 4 penumpang.

Kini Mirai menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD) sedangkan sebelumnya menggunakan penggerak roda depan (FWD). Sementara yang sama dari kedua generasi ini adalah menggunakan rancang bangun platform Toyota New Global Architecture (TNGA). 

Sebagai informasi, sejak Mirai generasi pertama diluncurkan pada 2014 lalu, Toyota mengklaim sudah lebih dari 10 ribu Mirai terjual di seluruh dunia. Dan Toyota Mirai generasi kedua sendiri dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir 2020 di Jepang, Amerika Utara dan Eropa. [Ric/Idr]


Komentar