Donald Trump Ancam Toyota Jika Buat Corolla di Meksiko Share this
Berita Mobil
Mode baca

Donald Trump Ancam Toyota Jika Buat Corolla di Meksiko

Muhammad Ikhsan
pada 06 Januari 2017

Foto: Donald Trump Ancam Toyota

WASHINGTON - Toyota mendapat ancaman dari Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump. Presiden AS ke-45 itu mengancam akan memberlakukan tarif tinggi pada produsen mobil asal Jepang jika tetap menjalankan rencana memproduksi Corolla yang diekspor ke Amerika Serikat.

"Toyota mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, untuk membangun mobil Corolla untuk Amerika, NO WAY!. Membangun pabrik di AS atau membayar pajak perbatasan yang besar," kata Trump dalam akun Twitter-nya.

Pada November tahun lalu, Toyota melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik mereka di Guanajuato, Meksiko tengah. Fasilitas ini akan memproduksi Corolla dan memiliki kapasitas produksi hingga 200.000 unit per tahun dimulai pada 2019. Sementara di Baja, Meksiko akan memproduksi sekitar 100.000 unit pickup Toyota per tahun.

Langkah ini bukan yang pertama dilakukan Trump dalam menghalangi produsen otomotif membangun mobil di Meksiko dan menjualnya di AS, namun merupakan yang pertama untuk produsen mobil luar Amerika.

Sebelumnya, Ford harus membatalkan pembangunan pabrik senilai Rp 21,3 triliun di Meksiko setelah mendapat ancaman dari Trump.

Ancaman tersebut langsung mendapat tanggapan dari Akio Toyoda, selaku Presiden Toyota. Ia mengatakan akan memutuskan apakah akan ada perubahan rencana setelah pelantikan Trump pada 20 Januari 2017.

"Kami akan mempertimbangkan atas apa yang dikatakan Presiden AS Trump," kata Toyota. [Ikh]

Sumber: Reuters


Komentar