Toyota Mulai Jual Robot Pintar Kirobo Mini Share this

Toyota Mulai Jual Robot Pintar Kirobo Mini

Muhammad Ikhsan
pada 15 Desember 2017

Foto: Kirobo Mini dalam genggaman tangan

TOYOTA CITY - Masih ingat dengan Kirobo Mini, robot pintar yang mampu menjadi teman mengobrol hasil rekayasa Toyota? Ya, raksasa produsen kendaraan dari Jepang kini mulai memasarkan robot tersebut.

Untuk sementara waktu, Kirobo Mini hanya tersedia di dealer kendaraan Toyota di Jepang dengan harga 42,984 yen atau setara Rp 5,1 juta (dalam bahasa Jepang). Konsumen yang ingin membeli Kirobo Mini berikut kursinya cukup mengucurkan dana 6,426 yen (Rp 7,7 juta) termasuk pajak.

Dijuluki Kirobo Mini karena robot ini oleh Toyota secara khusus didesain untuk berfungsi sebagai 'teman berkomunikasi'. Kirobo Mini memiliki banyak kosa kata meski tinggi badannya hanya sekitar 10 sentimeter dalam posisi duduk. Ukurannya pas di telapak tangan, jadi praktis dibawa ke manapun si pemiliknya pergi.

Ia didesain untuk bisa menggerakkan kepala dan saat berbicara matanya akan mengeluarkan cahaya. Bahkan, Kirobo Mini mengetahui kondisi emosional seseorang dengan menganalisis wajah. Dalam beberapa uji coba Ia kerap mengingatkan tuannya untuk beristirahat sejenak setelah letih bekerja.

Lebih dari itu, Kirobo Mini bahkan tidak ingin dianggap sekedar robot. Toyota meluncurkan ini sebagai robot pribadi, wajar Ia tak mau ditinggal sendiri di kamar atau di mobil dengan mengucapkan "jangan tinggalkan aku" (dalam bahasa Jepang).

Robot buatan Toyota ini juga memiliki kemampuan menyimpan obrolan. Jadi semakin banyak pemilik berinteraksi dengan Kirobo Mini, maka robot semakin cerdas. Rasanya Ia bisa dijadikan teman dekat ketika kita merasa kesepian tanpa ada teman yang ingin meluangkan waktu. [Ikh]


Komentar