Toyota Indonesia Beri Sinyal Peluncuran C-HR Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Indonesia Beri Sinyal Peluncuran C-HR

Adi Hidayat
pada 02 Oktober 2017

Foto: Toyota C-HR concept ada di GIIAS 2016

BANDUNG – Toyota-Astra Motor (TAM) sedang menyiapkan model baru untuk diluncurkan akhir tahun. Ini sekaligus sebagai penutup peluncuran mobil sepanjang 2017.

Meski tidak disebutkan secara tegas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa mobil tersebut adalah Toyota C-HR. SUV itu memang sudah diyakini akan hadir di Indonesia setelah dikenalkan pertama kali pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dan 2017.

“Akhir tahun akan ada satu model baru, sesuai dengan janji kami pada saat GIIAS 2017 lalu. Tapi modelnya apa, nanti saja tunggu waktunya,” jelas Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM.

Bila benar C-HR diluncurkan di Indonesia, maka bukan tidak mungkin mobil tersebut akan dibawa langsung oleh Toyota dari Thailand atau Jepang. Hal ini karena C-HR sudah diproduksi lebih dulu di kedua negara tersebut.

Di Jepang Toyota C-HR tersedia dua pilihan mesin yaitu mesin bensin turbo 1.2-liter 8NR-FTS dikawinkan dengan transmisi super CVT-i 7-speed sports sequential shiftmatic dan mesin bensin 1.8-liter 2ZR-FXE dan transmisi THS II. Tidak menutup kemungkinan, Toyota C-HR masuk Indonesia dengan mesin 1.5-liter.

Meski pada gelaran GIIAS 2017 Toyota telah memamerkan C-HR berteknologi hyrbrid, namun Ia menegaskan bahwa SUV yang akan diluncurkan masih menggunakan pembakaran konvensional. Toyota baru akan fokus terhadap mobil hybrid tahun depan.

“Hybrid itu harusnya (fokusnya) mulai 2018. Sebab kita sekarang masih melihat arah otomotif ini akan kemana. Diperkirakan 2030 bahan bakar fosil sudah mulai habis. Karena itu kita mulai melihat dari efisiensi, karena khawatir kalau cadangan bahan bakar fosil habis,” tutup pria berkacamata itu. [Adi/Ikh]


Komentar