Tips Memilih Hatchback, Ini Lima keunggulannya Share this
Berita Mobil
Mode baca

Tips Memilih Hatchback, Ini Lima keunggulannya

Denny Basudewa
pada 30 Juni 2021

Foto: Hatchback

JAKARTA – Mobil jenis hatchback memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan kendaraan jenis lain.

Hatchback saat ini dikatakan sebagai salah satu mobil yang paling digemari. Mobil jenis ini berbasis sedan, namun bagian bagasinya disunat dan menjadi satu dengan kabin bagian belakang. Laiknya mobil jenis lainnya, hatchback juga memiliki keunggulan.

Berikut ini beberapa keunggulan mobil hatchback :

Dimensi

Dimensinya yang kecil dan mungil, membuat kendaraan ini terlihat kompak. Keunggulannya tersebut membuat kendaraan lebih lincah diajak bermanuver khususnya di jalan-jalan perkotaan.

Tidak hanya di jalan, hatchback juga diuntungkan saat mencari parkir. Tidak butuh lahan yang luas saat mencari tempat parkir. Setidaknya di rumah juga tidak membutuhkan lahan yang luas dan memakan tempat.

Desainnya bervariasi

Hatchback memiliki banyak desain yang beragam sehingga membuat konsumen lebih leluasa dalam menentukan pilihan. Ada yang punya desain sporty, ada yang punya desain elegan, bahkan ada yang punya desain kalem.

Mencari yang unik? Hatchback juga punya yang desainnya seperti itu. Coba saja Anda perhatikan di jalan. Ada banyak bukan macam-macam desain mobil hatchback?

Hemat Bahan Bakar

Tipe mobil ini hemat bahan bakar, karena mobil-mobil hatchback itu menyematkan mesin yang berkubikasi kecil, yakni antara 1.000 hingga 1.500 cc saja. Dan jelas, dengan kubikasi kecil ini, konsumsi akan bahan bakar jadi jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan jenis-jenis mobil lainnya.

Lincah dan Gesit

Dimensinya yang kecil serta bodinya yang kompak membuat mobil-mobil jenis hatchback lebih lincah dan gesit, apalagi jika keadaan jalan raya yang penuh. Sudah pasti kelincahan dan kegesitannya bisa diadu dengan mobil-mobil jenis lain.

Harga Variatif

Ini juga keistimewaan mobil hatchback. Harganya bervariasi. Dari yang murah hingga yang mahal ada. Tentu saja semua dilihat dari merk dan juga spesifikasinya.

Memilih hatchback terbaik

Baru-baru ini PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan City Hatchback RS 2021. Ini merupakan model baru yang menggusur Honda Jazz di Indonesia. Sebagai pendatang baru di Tanah Air, mobil ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan lainnya.
hatchback

1. Desain Sporty Atraktif

Honda City Hatchback ini sangat khas. Terutama Honda City Hatchback RS. Tampilannya sangat sporty dan juga atraktif. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Honda Jazz, Honda City Hatchback RS ini terlihat lebih agresif. Terutama karena desain bagian lampu depannya yang meruncing.

Image sporty sekaligus tegas juga ditunjukkan oleh grill yang lebih besar. Yang tak hanya lebih estetik namun juga fungsional dengan sistem penerangannya yang mengandalkan LED.

Lagi-lagi, jika dibandingkan dengan Honda Jazz, mobil yang satu ini juga lebih panjang dan lebih lebar. Dimensi panjangnya 4.349 mm dengan lebar 1.748 mm. Akan tetapi bagian atapnya menjadi lebih rendah, yakni 1.488 mm saja. Namun jika disandingkan dengan kompetitor hatchback lain, Honda City Hatchback RS memiliki bodi yang besar. Jadinya, kabinnya terasa lebih lega.

2. Performa Mesin Terbaik

Nah ini, Honda City Hatchback RS memiliki performa mesin terbaik di kelasnya. Mesinnya sendiri menggunakan teknologi DOHC 1.500 cc. Dan konon, bagian inilah yang banyak mendapatkan revisi dari pendahulunya, Honda Jazz.

Honda City Hatchback RS menyematkan mesin bahan bakar 4 silinder. Yang dulunya  SOHC menjadi DOHC. Berkatnya, Honda City Hatchback RS mampu menghasilkan 121 PS pada 4.300 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm pada 6.600 rpm. Dan klaimnya, torsi serta tenaga yang keluar ini merupakan yang terbesar di antara mobil-mobil hatchback yang ada di Indonesia.

3. Punya Banyak Fitur Andalan

Selain unggul pada tampilan dan mesin, City Hatchback juga punya banyak fitur andalan. Misalnya saja Remote Engine Start. Yakni suatu fitur yang membuat Anda bisa menyalakan mesin bahkan ketika masih di luar mobil. Tujuannya tentu, supaya AC bisa nyala terlebih dahulu,  sehingga saat Anda masuk, kabin mobil sudah terasa sejuk. [Dew]


Komentar