Suzuki SX4 S-Cross untuk Indonesia dan India Ada Perbedaan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Suzuki SX4 S-Cross untuk Indonesia dan India Ada Perbedaan

Adi Hidayat
pada 13 November 2017

Foto: Beda-SX4-S-Cross

JAKARTA – Umumnya, setiap mobil yang diimpor langsung secara utuh atau CBU, pasti akan dilakukan penyesuaian sepesifikasi. Hal ini pun juga berlaku bagi Suzuki SX4 S-Cross facelift yang diimpor secara utuh dari India oleh PT Suzuki Indomobil Sales.

Penyesuaian spesifikasi khususnya pada bagian mesin menjadi sesuatu yang harus dilakukan karena Indonesia dan India memiliki perbedaan regulasi. Jika di India sudah menggunakan standard Bharat Stage 4 atau setara dengan Euro 3, maka di Indonesia masih menggunakan standard emisi Euro 2.

“Tentunya ada perbedaan karena spesifikasi dan regulasi yang ada di India dan Indonesia berbeda. Di India menggunakan standard BS4 (Bharat Stage 4) atau setara dengan Euro 4 sementara di Suzuki SX4 S-Cross Indonesia masih menggunakan Euro 2. Tapi jangan khawatir, kalau tahun depan sudah berubah, kami juga sudah siap,” kata Donny Saputra, Marketing director 4W PT SIS.

Tak hanya itu, Suzuki di Indonesia juga tidak meluncurkan Suzuki SX4 S-Cross bermesin diesel. Hal ini sangat berbeda dengan Suzuki SX4 S-Cross di India yang justru hanya memiliki varian mesin diesel tanpa ada pilihan mesin bensin.

Perbedaan–perbedaan tersebut tentu bukan tanpa perhitungan. Pasalnya Suzuki ingin agar setiap mobil yang mereka luncurkan memiliki keunggulannya masing-masing. Mulai dari kenyamanan dan desain telah dipastikan mampu menjadi pilihan sendiri bagi pelanggannya.

Ubahan paling bersar terdapat pada bagian eksterior khususnya pada bagian depan mobil. Grille baru berdesain palang vertikal menggantikan desain grille sebelumnya. Selain grille, tampilan kap mobil pun dibuat dengan tampilan yang lebih berorot.

Kombinasi antara kap dan grille menjadikan mobil ini terlihat lebih sporty dibandingkan dengan Suzuki SX4 S-Cross sebelumnya. Desain headlamp pun juga mengalami ubahan guna menambah kesan berotot pada mobil ini. Tak hanya itu, lampu depan dan belakang pun kini sudah menggunakan LED yang memberikan kesan modern.

Suzuki SX4 S-Cross facelift dijual dengan harga mulai Rp 256 juta untuk transmisi manual dan Rp 268,850 juta untuk transmisi otomatis. Sama seperti sebelumnya, Suzuki hanya meluncurkan dua tipe untuk dua mobil ini. [Adi/Ikh]


Komentar