Sebentar Lagi, Bayar Tol Tidak Perlu Tapping Share this
Berita Mobil
Mode baca

Sebentar Lagi, Bayar Tol Tidak Perlu Tapping

Adi Hidayat
pada 05 Juli 2019

JAKARTA – Membayar tol akan lebih mudah karena para pelanggan tidak perlu men-tap kartu tol. Hal ini karena Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) telah bekerjasama dengan PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau biasa dikenal LinkAja.

Dalam kerjasama ini, PT JMTO bersama tim konsorsium akan membuat RFID untuk pembayaran tol yang diberi nama FLO. LinkAja akan berperan sebagai sumber dana untuk pembelian Voucher Elektronik (VE) yang dapat digunakan untuk pembayaran tarif tol melalui aplikasi FLO.

“Saat ini, kami sedang melakukan uji coba terbatas. Nantinya, untuk pengguna LinkAja yang sudah melakukan pembelian VE FLO melalui platform LinkAja maka dapat melewati atau mengakses Gerbang Tol khusus di Jalan Tol Jasa Marga dengan menggunakan aplikasi FLO yang kami kembangkan. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan RFID dalam bentuk stiker di kendaraan,” ungkap Septerianto Sanaf, Direktur Utama PT JMTO.

Dengan demikian, palang pintu akan terbuka otomatis sesaat sebelum mobil melintas di gerbang tol dan mobil dapat melanjutkan perjalanan kembali. Tidak adanya proses tap uang elektronik diharapkan bisa mempercepat waktu transaksi kendaraan.

Pada tahap awal implementasi FLO di gerbang tol milik Jasa Marga difokuskan pada wilayah Jabotabek setelah sebelumnya tahap uji coba telah dilakukan di Jalan Tol Sedyatmo dan Jalan Tol Bali Mandara. Ujicoba dilakujan secara terbatas dengan menggandeng Bus DAMRI, kendaraan operasional Garuda Indonesia dan taksi Blue Bird.

“Hingga akhir Juni 2019 kami menargetkan sebanyak dua puluh gerbang tol di wilayah Jabotabek sudah dapat melayani transaksi SLFF dengan menggunakan aplikasi FLO yang berbasis RFID, diantaranya di Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng, Jalan Tol Sedyatmo dan Jakarta Outer Ring Road (JORR),” ungkapnya.

PT JMTO sendiri menargetkan untuk bisa membangun sedikitnya 200 gerbang tol yang dapat melayani pelanggan FLO. Dengan demikian pelanggan tol dapat mempercepat waktu transaksinya. [Adi/Idr]


Komentar