Mudik Lebaran 2019, Informasi Seputar Sistem Satu Arah Tol Trans Jawa Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mudik Lebaran 2019, Informasi Seputar Sistem Satu Arah Tol Trans Jawa

Denny Basudewa
pada 15 Mei 2019

Foto: Mudik Lebaran 2019

JAKARTA – Musim Mudik Lebaran 2019 segera bergulir tidak lama lagi dan jutaan masyarakat, berbondong-bondong melakukan perjalanan untuk pulang ke kampung halaman.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) seperti telah diwartakan sebelumnya telah meresmikan aturan one way atau satu arah, pada tol trans Jawa. Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan panjang yang kerap terjadi saat puncak arus mudik terjadi.

Seperti telah dibahas sebelumnya, bahwa aturan mengenai tol satu arah menuju Jawa Tengah hingga Jawa Timur, memiliki beberapa potensi terjadinya kecelakaan. Kami juga telah memaparkan pendapat para ahli keselamatan kenamaan di Tanah Air untuk menghadapi aturan baru tersebut.

Lalu pertanyaannya bagaimana skema dari sistem satu arah pada tol Trans Jawa berlangsung nantinya? Kombes Pol. Benyamin selaku Kabag Ops Korlantas Polri membeberkan skema aturan dan panduan melintasi tol Trans Jawa pada saat diberlakukan sistem Satu Arah.

“Pada saat diberlakukan satu arah nantinya akan ada rambu tambahan yang telah disiapkan Jasa Marga dan pengelola tol. Rest area yang berada di sebelah kanan jalan bisa dimanfaatkan para pemudik dan juga ada rambu-rambu petunjuknya,” kata Benyamin melalui pesan singkat (14/05/2019).

Pada mudik Lebaran 2019, Tol Trans Jawa akan menerapkan aturan satu arah pada 30 Mei hingga 2 Juni 2019. Adapun kebijakan tersebut berlangsung selama 24 jam non-stop. Berikut kami hadirkan skema lalu lintas pada saat kebijakan tersebut berlangsung melalui video di bawah ini. [Dew/Idr]

 


Komentar